Home / Ekonomi / Nasional

Selasa, 31 Desember 2019 - 22:13 WIB | Redaksi XNews.id

Mulai Tahun 2020 PTPN II Pasok Energi Listrik ke PLN

Medan – Pada 2020, PT Perkebunan Nusantara (PTPN) II mulai memasok energi listrik ke Sistem jaringan PT PLN (Persero) Wilayah Sumut. Pasokan listrik tersebut, berasal dari Pembangkit Listrik Tenaga Bio Gas (PLTBG) milik PTPN II.

Hal itu diungkapkan Kabag Sekretariat PTPN II, Irwan SE bersama Kordinator Humas Sutan Panjaitan dengan Manager PLT Bio Gas Dedy Gurning kepada sejumlah wartawan di Selasa (31/12/2019).

Dedy Gurning mengungkapkan, apa yang dilakukan PTPN II ini, merupakan salah satu program ketahanan energi dalam peningkatan pasokan listrik. “Pengembangan energi alternatif di luar panas bumi yaitu energi terbarukan berbasis POME (Palm Oil Mill Effluent) yang berasal dari limbah cair Pabrik Kelapa Sawit (PKS). Potensi energi listrik yang dihasilkan dari POME untuk pabrik dengan kapasitas olah tiga puluh ton TBS/Jam setara dengan satu Mega Watt listrik yang dapat dibangkitkan per jam,” jelasnya.

Baca Juga  Batalkan 28 Perjalanan KA Jarak Jauh 1 April-1 Mei, Ini Daftarnya dari PT KAI

Menurutnya PTPN II adalah salah satu BUMN dengan bidang usaha perkebunan. Budidaya perkebunan utama adalah kebun Kelapa Sawit dan pengolahannya, dimana Kelapa Sawit diolah untuk menghasilkan CPO dan Kernel. Proses pengolahan tersebut dilakukan di PKS.

“Dari proses pengolahan di PKS, dihasilkan limbah cair dimana senyawa limbah cair kelapa sawit (Palm Oil Mill Effluent/POME) mengandung unsur gas metana (CH4). Disamping pemanfaatan energi listrik dari POME tersebut, pembangunan PLTBG dapat menepis isu negatif terhadap lingkungan akibat proses pengolahan limbah pabrik dawit yang membuang Gas Methane (CH4) ke udara terbuka,” terang Dedy.

Gas Methane yang terbuang ke udara tersebut, lanjutnya, seharusnya dapat ditangkap dan dijadikan bahan bakar utama mesin pembangkit listrik (genset). Selain itu, dapat juga digunakan sebagai bahan pembakaran gas pada steam boiler di PKS.

Baca Juga  Kepada Personil TNI dan Polisi, Panglima TNI dan Kapolri Ingatkan Kembali 3 Program Kerja 2020

Lebih lanjut diungkapkannya, PTPN II sendiri akan memasok energi listrik ke PLN dengan harga Rp 1049,75/kWh.

Kordinator Humas PTPN II Sutan Panjaitan menambahkan, saat ini PTPN II memiliki 2 unit PLTBG berdasarkan surat penunjukan bahwa PTPN II sebagai tempat rencana lokasi proyek PLTBg oleh Ditjen EBTKE. Surat itu dengan nomor 49/04/DEB.01/2014 tanggal 10 Februari 2014 di PKS Pagar Merbau dan nomor 50/04/DEB.01/2014 tanggal 12 Mei 2014 di PKS Kwala Sawit.

Kabag Sekretariat PTPN II, Irwan SE bersama Kordinator Humas Sutan Panjaitan dengan Manager PLT Bio Gas Dedy Gurning.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!

Baca Juga

Hukum

Siaga Darurat Corona, Kodim 0808 Blitar Dukung Penuh Operasi Pembubaran Kerumunan Masa.

Nasional

Mendagri Serahkan Buku tentang Penanganan Corona Kepada Gubernur Banten

Nasional

Begini Suasana Anggota Ditpolair Korpolairud Masak dan Makan Bersama Pengungsi Banjir

Nasional

Perkuat Sinergitas TNI-Polri, Kabaharkam Polri Kunjungi Mako Satrad 211 TNI-AU