Home / Nasional

Selasa, 31 Desember 2019 - 15:03 WIB | Redaksi XNews.id

Kabaharkam : Polri Kerahkan 121 Ribu Lebih Personil untuk Pengamanan Malam Pergantian Tahun

Jakarta – Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Drs Agus Andrianto SH, MH, lakukan monitoring wilayah dengan patroli udara dalam rangka menjamin Kamtibmas di wilayah ibukota dan sekitarnya serta memastikan Kamseltibcar Lantas dalam situasi kondusif jelang pergantian tahun, Selasa, 31 Desember 2019.

Didampingi Kakorlantas Polri Irjen Pol Drs Istiono MH, dan Kakorpolairud Baharkam Polri Irjen Pol Drs Lotharia Latif SH, M.Hum, Kabaharkam Polri lakukan patroli udara menggunakan Helikopter Dauphin AS365N3.

Rute Patroli

Helikopter lepas landas dari Rooftop Helipad Bareskrim Polri Jakarta dengan mengambil rute patroli Jakarta – Gadog Bogor – Cikopo – Cikampek – Jakarta Area.

Di setiap titik pendaratan helikopter, Kabaharkam Polri dan rombongan melakukan peninjauan Pos Pengamanan Operasi Lilin 2019 dalam rangka pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Baca Juga  Ada Gelombang Tinggi, Kapolda Gorontalo Ingatkan Warga Pesisir Pantai Waspada

Sementara saat kembali ke Jakarta, Kabaharkam Polri juga meninjau lokasi-lokasi wisata lokal seperti Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Kebun Binatang Ragunan, dan Pantai Ancol.

“Dari pantauan udara terhadap jalur Cikampek, kemudian kawasan Puncak Bogor, sampai saat ini masih relatif lancar, aman, dan terkendali, tidak ada penumpukan krusial di jalur tol maupun arteri menuju kawasan Puncak,” terang Komjen Pol Agus Andrianto.

Lebih jauh Kabaharkam Polri menjelaskan, dalam pengamanan malam pergantian tahun, Polri akan memberikan penebalan personel di beberapa titik tempat konsentrasi massa. Selain itu, pengamanan juga dilakukan di bandar udara, pelabuhan, terminal, pusat-pusat perbelanjaan dan hotel, serta obyek wisata dan tempat ibadah.

Dalam pengamanan tersebut, ungkap Kabaharkam Polri, Polri melibatkan unsur TNI, Pemda (Damkar, Dinkes, Satpol PP, Dishub), Pramuka, Linmas, Senkom, dan stake holder pengampuh pengamanan lainnya.

Baca Juga  Sat Res Narkoba Polres Tanjung Balai, Ringkus Bandar Narkoba yang sedang Nunggu Pasien

“Personil Polri yang dilibatkan dalam menjaga keamanan di Indonesia, untuk saat ini saja personil Polri secara keseluruhan lebih kurang 440 ribu personil. Dalsm pelaksanaan giat Operasi Lilin 2019, Polri melibatkan personil dari Tingkat Mabes Polri dan Polda Kewilayahan sejumlah 121.358 personil,” kata Komjen Pol Agus Andrianto.

Pada kesempatan ini, Kabaharkam Polri juga mengimbau kepada masyarakat yang merayakan malam pergantian tahun agar tak melakukan konvoi kendaraan dan menyalakan petasan.

“Imbauan juga sering dilakukan bukan hanya oleh Polri, tapi semua pemerintah daerah pun sudah mengimbau agar masyarakat menghindari melakukan konvoi dan menyalakan petasan, karena semua itu lebih banyak mudharatnya daripada manfaatnya,” tegas Komjen Pol Agus Andrianto.

[BHK]

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!

Baca Juga

Nasional

Kunker ke Polda Sultra, Kapolri: Dalam Bertugas Selalu Ingat Keluarga

Nasional

Menuju Anak Sehat dan Cerdas, Bhayangkari Polres Tolikara Gelar Posyandu di Karubaga

Nasional

E2l-MAP Dipastikan Di Lantik oleh Mendagri Di Jakarta

Nasional

Tantri Bararoh : Kegiatan Penyemprotan Desinfektan di Pasar Tumpang adalah Bagian dari Jiwa Kemanusiaan Kita