Harapan Besar Terhadap Kondisi Timur Tengah Tahun 2020

Kontributor: -9 views
Anggota DPR RI Periode 2019-2024, MH Said Abdullah
Anggota DPR RI Periode 2019-2024, MH Said Abdullah

Oleh: MH Said Abdullah

Perang memang selalu menjadi sumber tragedi kemanusiaan, terlebih jika perang itu tidak berkesudahan. Perang di kawasan Timur Tengah yang bertahun-tahun membawa sebagian kawasan ini pada kehancuran peradaban.

Timur Tengah cermin potret ironi, antara elegi sekaligus kemakmuran. Ada sebagian negara yang diambang kehancuran total seperti Yaman, Suriah, Irak dan Afganistan. Sebagian Negara lainnya hidup dalam kemakmuran, bahkan gelamor, seperti Uni Emirat Arab, Arab Saudi, dan Qatar.

Yaman diambang kehancuran, Negara ini berubah menjadi Negara termiskin di Jazirah Arab.

Sumbernya bermula dari perang saudara, antara Kelompok Houthi dengan Pemerintahan Abd Rabbu Mansour Hadi yang didukung oleh Koalisi Arab. Kelompok Houthi adalah suku minoritas di Yaman.

Pemerintahan otokrasi di beberapa Jazirah Arab membangkitkan Arab Spring, termasuk Yaman. Perlawanan kelompok minoritas atas pemerintahan diktator berhasil menumbangkan pemerintahan di Mesir, Tunisia, Yaman dan Libya.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!