Home / Nasional

Rabu, 1 Januari 2020 - 13:58 WIB | Redaksi XNews.id

Terkait Banjir Bandang, Kepala BPBD Kabupaten Labuhanbatu Utara Tidak Mendukung Tugas Jurnalistik

Kepala BPBD Kabupaten Labuhanbatu Utara, Irwan

Kepala BPBD Kabupaten Labuhanbatu Utara, Irwan

Labuhan Batu – Ikatan Jurnalistik Televisi Indonesia (IJTI) Labuhanbatu Raya menyesalkan sikap Kepala BPBD Kabupaten Labuhanbatu Utara, Irwan yang tidak mendukung informasi dalam peliputan bencana banjir besar di Desa Hatapang, Kecamatan NA XI-X di Kabupaten Labuhanbatu Utara.

Sekretaris IJTI Labuhanbatu Raya, Syaiful Ahmad di Rantauprapat Selasa (31/12/2019) siang menyampaikan agar semua pihak menghormati tugas jurnalistik yang ingin menyampaikan informasi kepada masyarakat. Menurut dia, tugas pers dilindungi undang-undang diantaranya UU Pers 40 tahun 1999.

“Kami kecewa dengan pelayanan Kepala BPBD Kabupaten Labuhanbatu Utara, Irwan karena tidak melakukan pelayanan publik tidak benar dan tidak mendukung tugas jurnalistik,” kata Syaiful Ahmad.

Syaiful menjelaskan, sebagai pejabat publik baiknya menunjukan etika baik kepada masyarakat. Apalagi badan penanggulangan bencana merupakan narasumber yang akurat dalam memberikan informasi kepada masyarakat.

Baca Juga  Antisipasi Covid-19, KPU Kota Blitar Tunda Tahapan Pemilihan Walikota

Dengan demikian, pihaknya mengimbau insan pers menyampaikan berita dengan profesional, berimbang dan akurat. Pihaknya juga terutama kalangan pers ikut prihatin dengan korban bencana banjir besar yang menimpa masyarakat Kabupaten Labuhanbatu Utara.

Apalagi, bencana banjir besar itu ikut memakan korban satu keluarga yang terdiri dari lima orang yang belum ditemukan. “Publik berhak tahu melalui informasi yang di sampaikan wartawan dalam melakukan peliputan melalui media elektronik, cetak maupun online. Sikap oknum BPBD itu merupakan upaya menghalangi tugas jurnalistik,” tegasnya.

Kontributor Metro TV wilayah Labuhanbatu Raya, Kevin Sinaga ketika dikonfirmasi mengatakan, permasalahan itu dipicu sikap yang disampaikan oknum BPBD saat peliputan bencana. Menurut dia, Kepala BPBD Labuhanbatu Utara, Irwan berjanji melalukan wawancara peliputan bencana. Namun, ditengah menolak dengan alasan yang tidak jelas.

Baca Juga  Cegah Corona, Mahfud MD Tiadakan Salat Jumat di Kantor Kemenko Polhukam

“Saya sudah memperkenalkan diri dan melakukan tugas jurnalistik dengan baik, tapi tiba-tiba pak Irwan menyampaikan untuk apa informasi itu sama kalian. Kenapa kalian memaksa,” ujar Kevin menirukan ucapan Irwan, seraya menambahkan Bupati Labuhanbatu, Kharuddin Syah Sitorus mau memberikan keterangan.

Kevin Sinaga meminta agar Bupati Labuhanbatu, Kharuddin Syah Sitorus membina Kepala BPBD Irwan agar bersinergi dengan wartawan. “Saya meminta kepada Bupati Labura agar membina pembantunya,” jelasnya.

Sementara, Kepala BPBD Labuhanbatu Utara, Irwan ketika dihubungi belum memberikan tanggapan, upaya konfirmasi melalui telepon dan pesan singkat belum memberikan jawaban. [Ajn]

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!

Baca Juga

Nasional

Presiden Perintahkan Segera Perbaiki 30 Jembatan dan 19 Sekolah Rusak di Lebak

Nasional

DAM Gambiran Di Lumajang Dipenuhi Sampah

Nasional

Kepada Personil TNI dan Polisi, Panglima TNI dan Kapolri Ingatkan Kembali 3 Program Kerja 2020

Nasional

Banjir Jakarta, MUI Himbau Jangan Saling Menyalahkan