Perdagangan Saham Awal 2020 Menguat, Presiden Minta Bursa Saham Harus Bersih Dan Berintegritas

oleh -164 Dilihat
oleh
Presiden Joko Widodo saat membuka perdagangan saham hari ini

“Jangan sampai ada lagi dari 100 (saham) digoreng-goreng jadi 1.000 digoreng-goreng jadi 4.000. Ini menyangkut kepercayaan yang akan kita bangun. Praktik ‘goreng-goreng’ saham yang menimbulkan korban dan kerugian tidak boleh ada lagi,” tegas Presiden.

Presiden pun memerintahkan otoritas terkait agar memberikan perlindungan optimal kepada investor.

Manipulasi pasar dan transaksi keuangan yang menjurus pada fraud, pada kriminal harus ditindak dengan tegas,” ungkap Presiden.

Lebih lanjut, Presiden meminta otoritas bursa menciptakan sistem transaksi yang benar-benar transparan, terpercaya dan valid.

“Ini sekali lagi penting untuk meraih kepercayaan investor baik dalam maupun luar negeri. Ini penting sekali. Kita harus membangun sebuah ekosistem yang baik, sebuah atmosfer yang baik,” perintah Presiden.

Presiden mencatat pada 2019 ekonomi dan kinerja pasar modal juga menggembirakan.

Aktivitas pencatatan saham mencapai 55 pencatatan perusahaan baru. Ini prestasi penting karena yang merupakan tertinggi di ASEAN dan tertinggi ke-7 di dunia. Penggalangan dana jangka panjang melalui BEI juga mencapai Rp 877 triliun, ini juga jumlah tertinggi yang pernah dicapai,” tambah Presiden.

Artinya jumlah investor juga meningkat dan Indonesia juga meraih banyak penghargaan dari dunia internasional.