Home / Nasional

Jumat, 3 Januari 2020 - 13:58 WIB | Redaksi XNews.id

Lebih Dari 10% Warga Bekasi Mengungsi Akibat Banjir

Jakarta – Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menampilkan jumlah pengungsi terbanyak berada di kota Bekasi yang jumlahnya mencapai 366.274 jiwa.

Data BNPB menyebutkan pula bahwa setidaknya ada 58 titik banjir di wilayah Bekasi.

Berdasarkan data tersebut, artinya lebih dari 10% warga di kota Bekasi mengungsi karena imbas dari bencana banjir yang saat ini melanda sejumlah wilayah di Jabodetabek. Berdasarkan data BPS, jumlah penduduk di kota Bekasi mencapai 2,9 juta pada 2019.

Sementara itu, jika melihat data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kota Bekasi pada Jumat (3/1/2019) pukul 11.00 WIB, jumlah pengungsi telah turun menjadi 34.683 KK/ 149.537 jiwa.

Baca Juga  HUT ke-101, Mendagri Dorong Damkar Makin Profesional, Modern dan Terlatih

Rincian dari jumlah pengungsi tersebut adalah untuk Lansia sebanyak 31.783 jiwa, orang dewasa 68.038 jiwa dan anak-anak 49.716 jiwa.

BNPB bersama BPPT dan TNI melakukan modifikasi cuaca dengan cara menurunkan hujan di laut

Adapun upaya yang telah dilakukan adalah BNPB, BPBD, Basarnas, TNI, Polri, instansi terkait dan relawan melakukan evakuasi dan beri pertolongan kepada warga. BNPB bersama BPPT dan TNI melakukan modifikasi cuaca dengan cara menurunkan hujan di laut.

Baca Juga  Bus Damri Terbalik di Tol, Lalu Lintas Arah Bandara Soetta Macet

BNPB juga telah memberikan bantuan peralatan dan logistik ke sejumlah wilayah Jabodetabek dan wilayah lain yang terdampak. Hingga Jumat Pagi ini, sejumlah wilayah di Jabodetabek terpantau banjir sudah mulai surut, meski sebagian wilayah masih tergenang.

Kebutuhan mendesak yang diperlukan oleh korban banjir saat ini adalah perahu karet, terpal, selimut, pakaian dewasa dan anak-anak. Korban banjir juga memerlukan paramedis, obat-obatan dan trauma healing. Makanan, minuman, air bersih dan MCK juga sangat dibutuhkan.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!

Baca Juga

Nasional

Terkait Gempa Magnitudo 5,8 di Seram Timur, Ini Penjelasan BMKG

Nasional

Begini Wujud Perhatian Kapolri pada Anggotanya

Nasional

Pemerintah akan Fokuskan Program Bansos dan Mutakhirkan Data Kemiskinan

Nasional

Meninggal Diduga Positif Corona, Jenazah Warga Blitar Dilarang Disemayamkan