Home / Nasional

Jumat, 3 Januari 2020 - 07:00 WIB | Redaksi XNews.id

Wakil Ketua Komisi VIII Desak Anies Menetapkan Status Darurat Bencana

Ketua DPP PKB Marwan Dasopang saat mendamping Mensos

Ketua DPP PKB Marwan Dasopang saat mendamping Mensos

Jakarta – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mendesak Pemprov DKI Jakarta segera menetapkan status darurat bencana terkait bencana banjir yang melanda Ibu Kota. Sebab, banjir yang melanda Jakarta dan sekitarnya tersebut telah merenggut korban jiwa dan memicu ribuan pengungsi sampai hari ini.

“Dampak banjir Ibu Kota tahun ini tergolong luar biasa. Banyak korban jiwa, ribuan pengungsi, hingga kerugian material dari warga yang sangat besar,” ujar Ketua DPP PKB Bidang Sosial dan Penanggulangan Bencana Marwan Dasopang setelah melakukan kunjungan wilayah terdampak banjir bersama Menteri Sosial Juliari Batubara kepada wartawan, Kamis (2/1/2020).

Baca Juga  Kemendagri Proaktif Layani Dokumen Adminduk Masyarakat Terkena Bencana Alam

Marwan menjelaskan, dengan menetapkan status darurat bencana, Pemprov DKI akan mudah mengambil langkah penanggulangan bencana. Menurutnya, dengan menimbang luasan bencana maupun dampak yang ditimbulkan, Pemprov DKI membutuhkan langkah cepat, baik tahap tanggap darurat maupun rehabilitasi pascabencana.

Proses penanganan pengungsi saat ini banyak dikeluhkan warga. Dia mengungkapkan bantuan logistik tidak segera turun serta banyak warga yang secara mandiri mendirikan posko-posko pengungsian karena lambannya kinerja aparat Pemprov DKI.

Baca Juga  Mahfud MD Tak Setuju Pulangkan 600 WNI ISIS, Begini Alasannya

Himbau Anies Sudahi Ego Sektoral

“Fakta ini harus ditangkap oleh Gubernur DKI agar dengan rendah hati menetapkan status darurat bencana dan berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk penanganan korban. Sudahi ego sektoral kalau mengurus bencana,” tukas Wakil Ketua Komisi VIII ini.

PKB sendiri telah membentuk Satgas Bencana Banjir 2020. Satgas ini mengoordinasikan bantuan bencana wilayah-wilayah terdampak bencana di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, dan Bekasi. [sb]

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!

Baca Juga

Nasional

Kepala PPATK Kiagus Ahmad Badaruddin Meninggal Dunia

Nasional

Jumat Barokah, Kapolda Sumut Sampaikan Pesan Kamtibmas Di Masjid Pahlawan Muslimin Teladan Barat

Nasional

Dukung BKKBN, Mendagri: Pendataan Keluarga Mengacu pada NIK

Nasional

(Covid -19) : Orang Kaya Republik Ini Jangan Diam dan Timbun Harta