Home / Promoter

Sabtu, 4 Januari 2020 - 10:38 WIB | Redaksi XNews.id

Polres Raja Ampat Gelar Apel Kesiapan Penanganan Bencana 2020

RAJA AMPAT – Polres Raja Ampat menggelar apel Kesiapan Penanganan Bencana Tahun 2020 di Jalan Bhayangkara No 1 Waisai, Jumat (3/1).

Gelar Apel dipimpin Wakapolres Raja Ampat Anjar Purwoko dan dihadiri  1 Pleton Gabungan Perwira Polres Raja Ampat, 1 Pleton Kodim Raja Ampat, 1 Pleton Sabhara Polres Raja Ampat, 1 Pleton Gabungan Staf Polres Raja Ampat, 1 Pleton Sat Lantas Polres Raja Ampat, 1 Pleton Gabungan Reskrim dan Intelkam Polres Raja Ampat, 1 Regu Basarnas Kab.Raja Ampat dan 1 Regu Sat pol PP kan Raja ampat.

Wakapolres menyebutkan posisi indonesia juga berada pada garis tumpukan lempeng tektonik Eurasia pasifik dan Indo- Australia serta letak geografis pada lingkungan cincin api gunung vulkanik sepanjang pulau Sumatera, Jawa, Bali, NTT, NTB, Sulawesi, Papua dan Maluku, hal ini sangat berpotensi terjadinya bencana.

Baca Juga  Siapkan Hand Sanitazer Polsek Pagak Cegah Penyebaran Covid 19

Antara lain perubahan iklim yang ekstrim, gempa bumi tektonik, vulkanik dan erupsi gunung merapi dengan turunannya seperti tsunami, banjir lahar dingin dan tanah longsor.

“Bencana terjadi diakibatkan juga oleh masyarakat yang belum sadar akan bencana dan belum sadar lingkungan serta pengelolaan sumber daya alam yang kurang memperhatikan dan memperhitungkan dampak ekploitasi,” katanya.

Menyikapi hal tersebut, Polri beserta seluruh jajaran di antaranya adalah Polres Raja Ampat Polda Papua Barat bekerja sama dengan BPBD Kab. Raja Ampat, TNI dan pemerintah beserta potensi lainnya.

Pelaksanaan kesiapsiagaan dengan di awali apel pengecekan personil maupun peralatan pada sore hari ini, guna memastikan semua siap untuk melaksanakan tugas saat terjadinya kejadian bencana dan pasca bencana, seluruh wilayah Provinsi Papua Barat yang mengalami bencana.

Baca Juga  Dalami Kasus TPPU Pemanfaatan TKD Bulusari, Kejari Pasuruan Hitung Besaran Pengerukan Tanah

Apel Kesiapsiagaan yang diselenggarakan ini dilaksanakan untuk bantuan personil dan peralatan kepada BPBD dan Basarda di lokasi terjadinya bencana.

Bersama BPBD membantu satuan tugas yang terdiri dari beberapa yang telah di atur dalam peraturan kepala BNPB/Basarnas untuk penyelamatan korban bencana.

Melakukan langkah siaga darurat, tanggap darurat bencana dan pasca bencana bersama BPBD
4). Sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan dalam penanganan bencana.
5). Pelibatan Polri secara aktif dalam upaya membantu penanganan bencana.
6). Melakukan pengamanan terhadap daerah bencana pengungsian terhadap gangguan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

(css/dsa)

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!

Baca Juga

Nasional

Perbaikan Longsor Km 118 Tol Cipularang, Kepolisian Lakukan Rekayasa Lalu Lintas

Promoter

Polres Kuningan Ungkap Kasus Uang Palsu Pecahan Dolar Amerika

Nasional

Polri Peduli Penghijauan Pantai dan Penguatan Ekonomi Masyarakat Pesisir

Promoter

Wakapolri Ingatkan Masyarakat Tidak Terperangkap dengan Penyebar Berita Hoaks Virus Corona