Home / Nasional / Promoter

Senin, 6 Januari 2020 - 16:34 WIB | Redaksi XNews.id

Kabaharkam Polri Pimpin Video Conference Bahas Perkembangan Situasi Bencana Alam

Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Andrianto memimpin vidcon dengan para Kapolda, Pendamping Asops Kapolri dan Dankorbrimob bahas

Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Andrianto memimpin vidcon dengan para Kapolda, Pendamping Asops Kapolri dan Dankorbrimob bahas

Jakarta – Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Andrianto memimpin video confrence (vicon) dengan para kapolda, pendamping asops Kapolri dan Dankorbrimob membahas perkembangan situasi bencana alam di gedung Pusdalsis Lantai 3 Gedung Bareskrim (06/01).

Dalam kesempatan ini Komjen Pol Agus Andrianto menyampaikan beberapa hal penting antara lain :

– Pemerintah menghendaki kehadiran negara untuk mengatasi permasalahan utamanya antisipasi curah hujan yang cukup tinggi Januari sampai Februari.

– Mohon kepada rekan kewilayahan, agar berkoordinasi kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah, melakukan tindakan pertama sebelum bnpd turun. Memaksimalkan penggunaan anggaran kontijensi dalam rangka penanggulangan bencana

– Untuk Sulawesi Utara, apabila diperlukan akan dikirimkan pasukan Polsatwa yang siap didikirim apabila diperlukan

– Untuk Banten, BKO heli tetap akan diberikan selagi dibutuhkan dan digunakan untuk menjangkau ke wilayah yang amat sangat sulit dan melaksanakan percepatan pemulihan serta membangun jembatan sementara untuk membantu mobilitas serta penyaluran bantuan ke titik bencana dapat dipermudah.

Baca Juga  Anggota Bhayangkari Tewas Kecelakaan Saat akan Hadiri Pelantikan Putranya di SPN Polda Jabar

– Untuk Jawa Barat, agar membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan, mengingat curah hujan yang cukup tinggi diwilayah Bogor dan sekitarnya, serta anggota yang melaks kegiatan agar selalu hati hati.

– Mohon setelah video confrence ini, masing masing polda berkordinasi dengan BNPB daerah masing masing, agar kedepannya kemungkinan bencana dapat diminimalisir. Bukan hanya saat musim penghujan saja, tapi pada saat musim kemarau juga perlu.

– Mohon kepada kewilayahan untuk membangun posko monitoring cuaca yang ada diwilayah masing masing, untuk mengetahui apa yang terjadi kedepannya.

– Mohon susun rencana secara sinergis kepada wilayah dengan kesatuan lainnyabselain tni dan polri sebagai pendukung penanggulangan bencana diwilayah.

– Mohon untuk melaksanakan antisipasi sejak dini baik banjir maupun tanah longsor dengan cara menormalisasi. Kalau kita mau, bisa kita melaks normalisasi baik di sungai, drainase, sehingga air masuk ke jalur sungai dan melaksanakan perbaikan drainase di wilayah yang terdampak.

Baca Juga  Sigap, Anggota Polisi Senori ini Menolong Ibu Pencari Kayu Bakar

– Apa yang menjadi penekanan pimpinan agar dilaksanakan dengan baik dan penuh tanggung jawab. Agar mengoptimalisasikan fungsi dan peran pemerintah untuk membantu masyarakat

– Terhadap pelaku perusak lingkungan, agar dilakukan penindakan termasuk yang di Polda Metro Jaya, mengecek pompa air pada saat itu yang hanya sebagian digunakan karena menimbulkan korban jiwa yang cukup banyak.

Komjen Pol Agus Andrianto berharap mudah mudahan setelah vicon ini dilaksanakan, dapat dijalankan dengan baik dan dapat mencegah timbulnya korban jiwa dan meminimalisir kerugian yang ada.

Dalam kegiatan vicon ini juga dipaparkan kondisi terkini bencana banjir dan longsor di Indonesia oleh Asops Kapolri  Irjen Pol Rudolf Nahak dan diakhiri dengan sesi tanya jawab dengan kewilayahan.[abk]

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!

Baca Juga

Nasional

Honda Supra Vs Pick Up Grend Max, 2 Pelajar Dilarikan ke Rumah Sakit

Nasional

Satbrimob Polda Banten Kerahkan Perahu Karet Evakuasi Warga Terdampak Banjir di Lebak

Nasional

Anies Baswedan Perpanjang Status Tanggap Darurat Ibukota Hingga 19 April

Nasional

Mendagri Minta Kesbangpol Sukseskan Program Prioritas Pembangunan Nasional