Home / Promoter

Senin, 6 Januari 2020 - 14:37 WIB | Redaksi XNews.id

Cegah Banjir dan Longsor, Polda Sulsel Lakukan Gerakan Penanaman Pohon

SULSEL – Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan melakukan gerakan penanaman pohon, di seluruh wilayah Sulawesi Selatan, Minggu (05/01) dalam rangka mencegah banjir dan longsor.

Selain itu, Polda Sulsel mengaktifkan gerakan penghijauan demi menjaga keberlangsungan lingkungan. Gerakan ini dimulai dengan penanaman hampir dua ribu pohon.

“Kita lakukan penyelamatan bumi melalui kegiatan polisi peduli penghijauan. Kita awali di lingkungan SPN Polda Sulsel dengan menanam dua ribu pohon,” ujar Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Ibrahim Tompo dalam keterangan tertulis, Minggu (5/1).

“Penanaman pohon ini fungsinya untuk penghijauan, agar pohon-pohon jika tumbuh bisa menghambat banjir, longsor dan bencana lainnya, selain itu memiliki banyak manfaat seperti menambah produksi oksigen, mengurangi CO2 dan polutan lainnya,” ujarnya

Baca Juga  Kemendagri Gelar Rakor Sosialisasi Upaya Penyelesaian Outstanding Boundary Problem Sektor Timur

Lebih lanjut, katanya program polisi peduli penghijauan merupakan gagasan Kapolri Jenderal Idham Azis. Hal ini disebut wujud kepedulian Polri terhadap lingkungan hidup.

“Selain itu dengan banyaknya bencana yang terjadi yang diakibatkan oleh kerusakan lingkungan, menuntut kepedulian bersama untuk menata kembali lingkungan salah satunya dengan penghijauan mulai dari lingkungan rumah, kantor, dan lingkungan lainnya,” kata Kombes Pol Ibrahim Tompo

Baca Juga  Mendagri Tito Karnavian dan Ketua Bidang Tiga OASE Hadiri BBMVER di Bali

Secara keseluruhan, Polda Sulsel dan Polres jajaran menggelar Program Polisi Peduli Penghijauan dengan penanaman bibit pohon, dengan total akumulasi lahan seluas 3,5 hektar yang tersebar di seluruh wilayah Sulsel .

“Pohon yang ditanam sebanyak 2.000 batang, terdiri dari pohon jati putih, mangrove, kopi, mahoni, ukun, rambutan, ketapang kencana, gerseng , jeruk, lengkeng dan bambu kuning,” ungkap Ibrahim Tompo.

Sebagai bentuk sinergitas, Kegiatan tersebut dilaksanakan bekerjasama dengan Perhutani, melibatkan anggota Polres dan Polsek Jajaran Polda Sulsel, TNI, dan polisi kehutanan serta masyarakat.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!

Baca Juga

Nasional

Bripka Arjuna Lakukan Silaturahmi Jalin Kemitraan dengan Warga Lingkungan Bogak

Nasional

Kunjungi Distrik Kalome, Kapolres Puncak Jaya Berikan Bantuan ke Masyarakat

Nasional

Seberangi Sungai, Dirpolairud Terjunkan Rubber Boat Bantu Salurkan Logistik

Promoter

Jelang Pilkada Serentak 2020, Dit Samapta Polda Banten Rutin Patroli Dialogis