Bamsoet: Tingkatkan Pengamanan, Perkuat Cost Guard di Natuna

Kontributor: -8 views
ruu pemberantasan tindak pidana terorisme

JAKARTA (XNews.id) – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta pemerintah Indonesia untuk memperkuat armada penjaga pantai atau “coast guard” di perairan Natuna. Bamsoet menilai aksi China di Laut Natuna Utara akan terus berlanjut atau berulang.

“Penguatan armada penjaga pantai Indonesia di perairan Natuna menjadi sangat relevan,” kata Bambang Soesatyo (Bamsoet) dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (7/1).

Menurut dia, provokasi China di Perairan Natuna pada pekan kedua Desember 2019 merupakan pengulangan peristiwa serupa pada pada Maret 2016.

Dia mengatakan, pada Maret 2016, kapal ikan China juga masuk dengan cara ilegal ke perairan Natuna dengan tujuan mencuri ikan dan upaya penangkapan kapal oleh TNI dihalang-halangi kapal Coast Guard China.

“Modus yang sama dipraktikkan lagi pada Desember 2019, puluhan kapal ikan China masuk perairan Natuna dikawal pasukan penjaga pantai China plus kapal perang fregat untuk kegiatan IUUF (Illegal, Unreported, and Unregulated Fishing). Jadi, semacam rencana bersama mencuri ikan yang diketahui dan melibatkan organ resmi pemerintah China,” ujarnya.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!