Ditetapkan Jadi Embarkasi/Debarkasi, Begini Alur Keberangkatan Haji dari Bandara Kertajati

Kontributor: -5 views

BANDUNG (XNews.id) – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Jabar, Buchori, menjelaskan proses keberangkatan haji dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka  itu terbagi dalam beberapa alur.

Pertama, proses penerimaan jemaah haji kepada Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Bekasi. Penyerahan jemaah ini biasanya diserahterimakan langsung dari Bupati atau Walikota, dan butuh waktu hanya 2 jam.

Tahap kedua, pemeriksaan kesehatan jemaah haji dan dokumen haji. Pada tahap ini, dibagikan juga paspor, living cost serta gelang. Jemaah haji yang telah memenuhi persyaratan, bisa langsung masuk ke kamar asrama haji.

“Setelah itu dianggap memenuhi persyaratan-persyaratan yang harus dibawa ke Saudi, jemaah langsung masuk ke asrama haji. Itu juga membutuhkan waktu sekian jam,” sambung  Buchori.

Selanjutnya, jemaah beristirahat di asrama haji, kurang lebih 8,5 jam, sebelum berangkat ke Bandara Kertajati. Buchori memperkirakan waktu tempuh perjalanan dari Embarkasi Bekasi ke Bandara Kertajati sekitar empat jam.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!