Home / Nasional

Selasa, 7 Januari 2020 - 14:25 WIB | Redaksi XNews.id

Mendagri Instruksikan Seluruh Dinas Dukcapil Layani Data Adminduk Korban Bencana

JAKARTA (XNews.id) – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Prof. H.M. Tito Karnavian, Ph.D., menginstruksikan jajaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Seluruh Indonesia untuk melayani data administrasi kependudukan secara cepat.

“Terutama bagi Korban terdampak bencana,” ungkapnya di Jakarta pada saat meninjau Posko Bencana Banjir di GOR Pancoran Kelurahan Pengadekan Jakarta Selatan, Selasa (07/01).

“Kami minta seluruh jajaran Dinas Dukcapil untuk secara cepat melayani data Adminduk korban terdampak bencana, pelayanan harus efektif dan efisien dan jangan dipersulit berikan pelayanan secara prima,” kata Mendagri.

Baca Juga  Sejumlah Pejabat Utama dan Kapolres Jajaran Polda Kepri Alih Tugas

Tak hanya itu, Tito Karnavian juga meminta kemudahan bagi pengurusan data Adminduk korban terdampak bencana, tanpa prosedur yang berbelit-belit.

“Jangan dipersulit, semuanya harus serba cepat, berikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, apalagi mereka yang sedang berduka karena terdampak bencana,” ujarnya.

Salah satu kemudahan tersebut akan diberikan khusus bagi warga terdampak bencana, yakni tanpa melampirkan surat kehilangan dari kantor polisi maupun dari RT/RW setempat.

Baca Juga  Kemendagri Imbau Masyarakat Tak Terbujuk Rayu Penipuan Berkedok Ormas

“Karena ini merupakan bencana, musibah, sehingga warga terdampak bencana khusus diberikan kemudahan dan keringanan sehingga tidak perlu membawa surat pengantar kehilangan,” ucap Mendagri.

Penggantian dokumen administrasi kependudukan bagi korban terdampak bencana berupa KTP elektronik, akta kelahiran, akta kematian, dan lain sebagainya. Pengurusan layanan tersebut bersifat gratis tanpa dipungut biaya.

(css/dsa)

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!

Baca Juga

Nasional

Jokowi Hadiri Pengukuhan KH Asep Saifuddin Halim sebagai Guru Besar di UIN Sunan Ampel

Nasional

Sejumlah Rumah Warga Rusak Dihantam Puting Beliung di Gunungsitoli

Nasional

Kabupaten Malang Banyak Potensi Bencana Hidrometeorologi

Nasional

PDIP Apresiasi Langkah Polri Periksa Pejabat DKI Terkait Banjir