Anies Baswedan Tanggapi Peringatan Cuaca Kedubes AS Lebih Viral daripada BMKG

oleh -89 Dilihat
oleh
Anies Baswedan

JAKARTA (XNews.id) – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku menemukan hal menarik melihat peringatan cuaca dari Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat (AS) lebih viral bagi netizen ketimbang peringatan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi (BMKG).

Anies mengatakan, peringatan cuaca terhadap hujan ekstrem dari BMKG telah dipublikasikan ke tengah-tengah masyarakat. Namun peringatan cuaca BMKG tidak seviral peringatan cuaca Kedubes AS.

“Menurut saya harus dibantu agar informasi dari BMKG itu menyebar,” kata Anies Baswedan kepada wartawan di Balai Kota DKI, Jakarta, Rabu (8/1).

Peringatan cuaca tersebut, lanjutnya, bahkan sudah disampaikan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati pada saat jumpa pers yang digelar di Kementerian Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Selasa (7/1).

“Sudah waktunya kita mendorong agar kita semua lebih memperhatikan laporan-laporan dari BMKG itu,” kata mantan Mendikbud tersebut.

“Jadi yang dikeluarkan oleh Kedubes MS itu juga yang sudah dikeluarkan oleh BMKG,” tukasnya.

Sebelumnya, Kedubes AS di Jakarta mengeluarkan peringatan adanya perubahan cuaca di wilayah ibu kota Jakarta. Oleh karena itu, pihaknya mengingatkan warga guna meningkatkan kewaspadaan. Peringatan ini dikeluarkan pada 6 Januari 2020.

Dubes Amerika Serikat mengingatkan warganya untuk mengantisipasi badai serta angin kencang dengan kemungkinan banjir, tanah longsor, pemadaman listrik. Bahkan kondisi perjalanan yang sulit di seluruh wilayah tersebut.

(css/dsa)