Begini Sikap Wapres Ma’ruf Amin Soal Indonesia-China di Natuna

Kontributor: -10 views
Tidak Ada Aksi Sweeping

JAKARTA (XNews.id) – Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan Pemerintah punya sikap tegas mengenai status perairan Natuna. Hal itu tecermin dari pernyataan Jokowi mengenai Natuna yang merupakan bagian dari NKRI.

Ma’ruf berharap apa yang terjadi di Natuna bisa diselesaikan tanpa konflik.

“Pernyataan yang mengatakan kita akan bela kedaulatan republik itu saya kira menjadi pegangan,” kata Ma’ruf kepada wartawan di Jakarta, Rabu (8/1).

Ketua Umum MUI nonaktif itu mengatakan, pemerintah akan melakukan upaya-upaya diplomasi dalam mengawal perairan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia tanpa harus ada konflik di antara kedua negara.

“Ya kita kan melakukan diplomasi, dan membuat kesepakatan-kesepakatan untuk mengawal wilayah ZEE supaya tidak dimasuki secara tidak sah oleh pihak-pihak lain,” katanya.

Dia mengatakan akan mencoba membangun diplomasi melalui forum-forum yang ada. Forum dengan sesama negara ASEAN juga menurutnya dapat digunakan untuk melakukan diplomasi ini.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!