Naik Rp 263 Miliar Dana Desa Tuban, Belum Bisa Cair Karena Terganjal PMK

Kontributor: -8 views

TUBAN – Kucuran Dana Desa (DD) tahun 2020 yang diterima Kabupaten Tuban naik, dibandingkan tahun sebelumnya.

Pada tahun 2019 Pemkab Tuban menerima dana desa dari pemerintah pusat senilai Rp 256.256.120.000.

Kemudian, pada tahun 2020 kucuran dana desa mengalami kenaikan menjadi Rp 263.445.066.000.

“Dana desa yang diterima Pemkab tahun ini naik jika dibandingkan tahun sebelumnya,” kata Kasi Fasilitasi Pengelolaan Keuangan dan Aset Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Keluarga Berencana (Dispemas dan KB) Kabupaten Tuban, Anik Rahma Maharotul Faiqoh, Jumat (10/1/2020).

Meski demikian, pencairan dana desa terancam tidak bisa tepat waktu, karena belum ada Peraturan Menteri Keuangan (PMK) yang mengatur teknis terkait segala regulasi pencairan DD.

Belum adanya PMK hingga saat ini membuat pencairan DD tahap 1 tahun anggaran 2020 masih belum bisa dicairkan atau terhambat.

“Beberapa desa sudah menanyakan terkait pencairan Dana Desa, kita masih menunggu PMK yang baru itu. Kami juga mengupayakan mengkonfirmasi Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) terkait pencairan DD tahun anggaran 2020, namun belum ada kejelasan,” pungkasnya.(md/rn)

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!