Saatnya Surabaya Waspadai Ancaman Cuaca Ekstrem dari Laut

Kontributor: -26 views

Surabaya – Informasi cuaca yang akurat menjadi salah satu kunci untuk menghindari dampak buruk anomali cuaca. Pemkot berencana menambah monitor pemantau prakiraan cuaca di lebih dari 20 titik. Monitor besar tersebut sudah tersebar di pinggir pantai dekat dermaga nelayan. Namun, ada pula yang berupa layar 32 inci yang akan diletakkan di balai RW.

Rabu pagi (8/1) Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengumpulkan ratusan nelayan dari Asemrowo, Krembangan, dan Benowo. Dia memberikan wejangan agar para nelayan itu bisa bersiap menghadapi bencana, terutama ombak tinggi di laut. Misalnya, bila ada gempa besar, mereka harus langsung menjauh dari laut dan mencari tempat tinggi. ’’Di Surabaya, nggak ada gunungnya. Adanya Gunung Anyar dan Gunungsari,’’ ujar Risma kepada para nelayan dengan sedikit bercanda.

Dia pun meminta informasi terkait dengan kewaspadaan terhadap bahaya di laut itu juga disampaikan kepada tetangga dan keluarga ’’Diajak anak bojone, engko mlayu karepe dewe. Bojone ditinggal gak dikandani, terus pengene engko kawin neh,’’ kata Risma. Meski dengan bumbu candaan, Risma menyampaikannya dengan lantang. Beberapa kali dia meminta perhatian serius dari warga yang mayoritas laki-laki tersebut.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!