Jajaran Polda Sumut Laksanakan Apel Akbar Kesiapan Penanggulangan Bencana

oleh -89 Dilihat
oleh

Medan, — Dalam rangka mengantisipasi terjadinya bencana alam di wilayah Sumut, Polda Sumut menggelar apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Tahun 2020 bertempat di Lapangan KS Tubun Mapolda Sumut, Rabu (15/01/2020) pada pukul 08.30 Wib.

Apel yang dipimpin langsung oleh Kapolda Sumut Irjen Pol. Drs. Martuani Sormin, M.Si ini juga turut dihadiri oleh Pangdam I/BB Mayjen TNI MS. Fadhillah, Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah, Wakapolda Sumut Brigjen Pol. Drs. Mardiaz Kusin Dwihananto, Kasdam I/BB Brigjen TNI Untung Budianto, Kabinda Sumut Ka BNNP Sumut, Wakil Kepala Pengadilan Tinggi Sumut, Pangkosek Hanudnas III, Danlanud Soewondo, Kepala BPBD Kota Medan, Asintel Kajati, Wadanlantamal Belawan, serta 1.180 peserta apel yang terdiri dari 13 kompi gabungan.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda Sumut bersama Pangdam I/BB dan Wagubsu melakukan pengecekan baik dari kesiapan pasukan maupun perlengkapan dari masing-masing satuan. Cara pengoperasionalan peralatan maupun kendaraan pun turut dicek langsung untuk memastikan bahwa sudah siap untuk dipergunakan

Kapolda Sumut dalam arahannya mengatakan bahwa apel kesiapsiagaan ini dilaksanakan guna mengecek kesiapan baik dari personil maupun perlengkapan yang kemungkinan sewaktu-waktu akan dipergunakan dalam memberikan pertolongan kepada masyarakat apabila terjadi bencana alam di wilayah Sumut.

Berdasarkan data dari BMKG Sumut, puncak musim hujan diperkirakan akan terjadi di akhir bulan januari hingga februari 2020 di Sumatera Utara. Sehubungan dengan hal tersebut, seluruh stake holder baik instansi pemerintah maupun TNI-Polri di Sumut harus siap menghadapi kemungkinan peningkatan potensi bencana alam yang terjadi disuatu wilayah

“Dari hasil pengecekan yang telah dilakukan, baik dari sumber daya manusia maupun peralatan dari masing-masing satuan telah siap untuk dipergunakan. Saya harap peralatan yang dimiliki dapat dirawat dengan baik agar ketika akan digunakan tidak mengalami masalah”, ujar Kapolda Sumut

Kapolda Sumut juga meminta agar masing-masing Kasatker senantiasa melatih personil yang mengawaki peralatan agar semakin mahir dalam mengoperasionalkan alat-alat tersebut sehingga ketika memberikan bantuan tidak terjadi kendala apapun

Beliau berharap wilayah sumut kiranya bisa aman dan jauh dari segala bencana. Namun apabila hal itu terjadi seluruh personil harus siap mengatasinya tentunya dengan kondisi kesehatan yang prima. Baik dari Pemerintah Provinsi maupun TNI-Polri harus saling berkoordinasi karena tidak bisa untuk bekerja sendiri dalam menghadapi bencana alam.

“Seluruh instansi terkait harus bersama bergandengan dan bersinergi dalam rangka memberi pertolongan dan operasi kemanusiaan kepada seluruh masyarakat Sumut”, ujarnya.

Terkait trauma healing, Kapolda Sumut meminta dari SDM Polda Sumut dapat berkoordinasi dengan Kodam I/BB serta dokter psikologi membentuk tim trauma healing untuk anak anak dan masyarakat paska terjadi bencana.

IMG-20200115-WA0132

Kapolres Sergai Cek Kesiapan Persiapan Personil Antisipasi Bencana Alam

Kepolisian Resort Sergai bersama Instansi terkait melaksanakan Apel kesiapan Penanggulangan Bencana alam di Kabupaten Sergai Provinsi Sumatera Utara , bertempat di Halaman Mako Polres Sergai, Seirampah, Rabu (15/1/2020) sekira pukul 08.00 Wib.

Apel upacara Siaga Bencana Alam dengan tema Kita Jaga Alam Jaga Kita di pimpin langsung oleh Kapolres Sergai AKBP Robin SimatupangSH.MH.

Dalam sambutan,Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang menyampaikan bahwa maksud tujuan pelaksanaan apel ini adalah untuk menyamakan persepsi dalam rangka kesiapan siagaan penanggulan bencana alam di Kabupaten Serdang Bedagai.

“Apabila terjadi bencana, kita sudah mempersiapkan penanganya sedini mungkin. Mulai dari pelibatan personil sampai penggelaran sarana dan prasarana,”kata Kapolres Sergai AKBP Robin.

Adapun penyelenggaraan bencana ada 3 tahap penyelenggaraan penanggulangan bencana antara lain, Perencanaan dalam situasi tidak terjadinya bencana dan dalam situasi terdapat potensi terhadinya bencana dengan cara melaksanakan kesiap siagaan peringatan dini dan mitigasi bencana.

Tanggap darurat penyelengaraan penanggulangan bencana saat tanggap darurat. Pasca bencana penyelenggaraan penanggulangan bencana dengan cara melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi.

“Kategori bencana dan keadaan darurat bencana yaitu peristiwa atau rangkaian yang mengancam dan menganggu kehidupan masyarakat yang disebabkan oleh faktor alam atau non alam serta faktor manusia yang mengakibatkan timbul korban jiwa, kerugian harta benda dan kerusakan lingkungan yang memelukan penanganan tindakan segera,” jelasnya.

Untuk itu, Kapolres Sergai berharap benar – benar siap nantinya dalam antisipasi penanganan dampak dari bencana.

Sementara itu, Kepala BPBD Sergai Hendri Suharto didampingi Kabid Pengcegahan dan Kesiap Siagaan Dadan Penanunggalangan Bencana Daerah Hj, Mira Montana mengatakan bahwa penyelenggaraan Penanganan bencana alam ada tiga bagian yaitu, Kesiapan sebelum terjadi bencana alam, Penanganan saat terjadi bencana alam dan Penanganan setelah terjadinya bencana.

“Untuk wilayah Kabupaten Serdang Bedagai ada dua kemungkinan terjadi bencana alam terdiri Angin Puting Beliung dan Banjir,” kata Henri Suharto.

“Kita harus hadir ditengah masyarakat dalam kejadian bencana alam dan harus mampu mengembalikan traumatik para korban bencana sebagai bukti kesiapan kita dalam penanganan bencana alam di Kabupaten Serdang Bedagai,” jelas Kepala BPBD Sergai Hendri Suharto.

Selanjutkan usai pelaksanaan upacara Siaga Bencana dengan sesi Foto Bersama hingga berlangsung dalam keadaan aman dan kondusif.

Dalam kegiatan ini turut hadir apel Siaga Bencana Alam, Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang SH, M. Hum, Dandim 0204/ DS, Letkol Kav. Syamsul Arifin , SE, Sekda Kab.Sergai H.M. Faisal Hasrimy AP. MAP, Kepala BPBD Sergai, H Hendri Suharto, Ketua MUI Sergai, H Hasbul Panjaitan, Ketua FKUB Drs. Irfan Elfuadi Lubis dan Para Kadis OPD Sergai, Barisan PMI Kab.Serdang Bedagai, Barisan Personil, Para PJU Polres Sergai, Barisan Personil Polres Sergai, Barisan Personil Kodim 0204/DS, Barisan Senkom Mitra Polri, Barisan Karang Taruna, Barisan Pramuka. (ldp)