Bendungan Paslloreng Airi 8.510 Hektar Area Persawahan di Kecamatan Gilireng

Kontributor: -2 views

Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pembangunan Bendungan Paselloreng yang berada di Desa Arajang Kecamatan Gilireng, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan (Sulsel). Bendungan ini akan meningkatkan luasan irigasi untuk mengairi areal persawahan seluas 8.510 hektar.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan Bendungan Paselloreng merupakan salah satu program Kementerian PUPR dalam mendukung Provinsi Sulsel sebagai lumbung pangan nasional.

“Di Sulsel, masih terdapat hamparan lahan persawahan di atas 3.000 hektar yang sudah sulit ditemui di daerah lain. Produktivitasnya ingin kita tingkatkan dengan ketersediaan air yang berkelanjutan dari bendungan,” kata Basuki Hadimuljono dalam rilis Kementerian PUPR, Kamis (16/1/2019).

Konstruksi bendungan dikerjakan oleh kontraktor PT. Wijaya Karya-PT. Bumi Karsa, KSO (Kerjasama Operasi) mulai Juni 2015 dan telah rampung 100% pada akhir 2019 silam. Biaya pembangunannya bersumber dari APBN sebesar Rp 793 miliar melalui skema tahun jamak 2015-2019.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!