Home / BUMN / Ekonomi

Sabtu, 18 Januari 2020 - 13:53 WIB | Redaksi XNews.id

Lesti Kerupuk Orong-orong Khas Medan Yang Sukses Bersama PT Perkebunan Nusantara IV

Medan (XNews.id) – Siapa yang tak kenal orong-orong? makanan ringan khas Kota Medan ini masih tetap bertahan dan tak lekang ditelan zaman. Baik kalangan muda dan tua semuanya dapat menikmati rasanya yang krenyes-krenyes renyah.

Makanan ringan ini sudah menjadi viral khususnya pada tahun 1990-an sampai sekarang dan tak bisa dipungkiri orong-orong adalah jajanan yang banyak dirindukan orang. Makanan ringan dibuat dari campuran udang, tepung yang dicampur dengan bahan-bahan lainnya sehingga menjadi gurih dan nikmat untuk dimakan sebagai cemilan ataupun di campur dengan makanan pokok lainnya.

Kisah Awal Sang Pengusaha

Berawal dari kecintaannya pada snack orong – orong, Fahmi menjadikan hobinya ini sebagai wadah bisnis miliknya. Ia mulai menekuni usaha snack orong – orong ini pada tahun 2018 dengan menobatkan nama “Lesti Kerupuk Orong – Orong” pada produknya. Bermodalkan Rp. 1.000.000,-, dan dengan menjadikan rumahnya yang berlokasi di Jl. Swadaya Gg. Bunga No. 146 sebagai pabrik sekaligus outlet dari produknya.

Pria berusia 26 tahun ini memulai usahanya dengan melakukan sedikit inovasi dengan menciptakan beberapa variasi rasa snack orong – orong ini. Variasi rasa yang tersedia yaitu original, rasa pedas, cabe rawit, rasa balado dan rasa kari.

Fahmi saat menunjukkan produk kerupuk orong-orongnya

Ukuran produk yang tersedia pun beragam mulai dari yang kemasan paling kecil hingga besar dengan harga yang ditawarkan mulai dari Rp. 5.000,- sampai dengan Rp. 25.000,-Melihat banyaknya antusias peminat produk ini tak khayal Fahmi pun dapat meraup omset sekitar 2-5 juta perbulan dengan dibantu 4 (empat) orang tenaga kerja.

Baca Juga  PMLI Perpanjangan Kerjasama dengan STC, Pelatihan Berlisensi Internasional

Berbagai trik yang digunakan Fahmi untuk memasarkan produknya tidak hanya melalui oulet tetapi juga dengan memanfaatkan media sosial seperti Instagram dan beberapa E-Commers(Tokopedia,Bukalapak).

Kiprahnya Bersama PT Perkebunan Nusantara IV

Tahun 2019 Fahmi mendapatkan informasi dari rekannya mengenai bantuan modal usaha dari Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) PT Perkebunan Nusantara IV. Setelah mencari informasi dan beberapa kali berkunjung ke kantor PT Perkebunan Nusantara IV akhirnya Fahmi resmi bergabung di tahun yang sama dengan mendapatkan bantuan modal usaha sebesar Rp. 10.000.000,- selama 36 bulan.

Setelah resmi bergabung Fahmi langsung mendapatkan pembinaan berupa pelatihan bersama mitra binaan lainnya mengenai strategi pemasaran serta manajemen sebuah usaha di tahun 2019, selain itu ia juga mendapat kesempatan mengikuti pameran rutin UMKM  di Halaman Mesjid PTPN IV setiap minggunya di  tahun 2019 serta pameran lainnya dari PTPN IV.

Produk Fahmi ini juga direncanakan akan dibantu pembuatan untuk  sertifikasi Halal MUI di tahun 2020. Bantuan modal usaha yang diberikan Fahmi dipergunakannya untuk menambah bahan baku produksi yang permintaannya terus meningkat serta membeli sebuah alat untuk pengemasan produk orong – orong  miliknya.

Jadi semua dikerjakan sendiri mulai dari pembuatan kerupuk orong – orong sampai kepada pengemasannya. Kini Fahmi dapat meraup omset perbulannya 5 – 7 juta perbulannya dengan wilayah pemasaran Kota Medan, Riau, Mandailing Natal dan Bali.

Baca Juga  Jokowi Ajak Jepang Berinvestasi di Natuna

Melihat pesatnya kemajuan dari usahanya, Fahmi pun optimis bahwa dikemudian hari usahanya dapat berkembang semakin pesat dan tak lupa Fahmi pun mengucapkan terimakasih yang sebesar – besarnya khususnya kepada Direksi PT Perkebunan Nusantara IV berserta jajarannya atas bantuan modal usaha dan pembinaan serta kepercayaan yang telah diberikan sehingga usaha “Lesti Kerupuk Orong – Orong” ini dapat lebih berkembang dari sebelumnya.

Sebagai bentuk apresiasinya terhadap PTPN IV Fahmi pun dengan bangga mencantumkan logo PTPN IV pada produknya yang melambangkan bahwa telah menjadi mitra binaan PTPN IV. Harapan saya agar senantiasa dipercaya menjadi mitra binaan PT Perkebunan Nusantara IV. Terima kasih PTPN IV, Semoga semakin JAYA !!!, ujar Fahmi.

Sekilas Tentang PKBL PT Perkebunan Nusantara IV

Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) PT Perkebunan Nusantara IV adalah bentuk partisipasi BUMN pada masyarakat untuk memberdayakan dan mengembangkan kondisi ekonomi, kondisi sosial masyarakat dan lingkungan sekitarnya.

Program Kemitraan dikhususkan untuk masyarakat yang memiliki Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Program  ini terbuka untuk siapa saja yang ingin bergabung menjadi mitra binaan PT Perkebunan Nusantara IV dengan beberapa kualifikasi yang harus dipenuhi. Sampai saat ini tercatat sudah 7.516 mitra binaan yang dibina oleh PKBL PT Perkebunan Nusantara IV. PKBL berlokasi di kantor Pusat PT Perkebunan Nusantara IV Jl. Letjend Suprapto No. 02 Lt. I, Medan, Sumatera Utara.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!

Baca Juga

Ekonomi

Pemerintah Optimalkan Semua Opsi Kembangkan Destinasi Super Prioritas

Ekonomi

Di Tahun 2019 Volume Ekspor Karet Alam Sumatera Utara Turun 10,18 Persen

Ekonomi

Bima Arya Usulkan Bantuan Provinsi Sebesar Rp 332,4 Miliar

Ekonomi

Kementan Hentikan Sementara Impor Produk Pertanian dari Cina