Kapolresta Malang Kota Pamer Aplikasi Jogo Ngalam ke Netizen

oleh -87 Dilihat
oleh

MALANG (XNews.id) – Sebagai salah satu Polres jajaran yang mengalami kenaikan tipe dari Polres menjadi Polresta, Polresta Malang Kota berupaya semakin meningkatkan dan memberikan pelayanan lebih prima kepada publik.

Salah satunya Polresta Malang Kota tengah mempersiapkan aplikasi Jogo Ngalam. Apkikasi ini diharapkan bisa semakin mempermudah pelayanan kepada masyarakat, di wilayah Kota Malang.

Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Leonardus Simarmata mengatakan saat ini tim internalnya masih akan melakukan uji coba aplikasi berbasis android tersebut. Hingga nantinya bisa dipergunakan secara luas oleh masyarakat, secara mudah dan merata.

“Tim kami masih melakukan uji coba dan pengembangan secara terlebih dahulu, kemudian akan kami uji coba dan perkenalkan kepada stakeholder mitra Polri dan para mahasiswa terlebih dahulu sebelum launching. Jika tidak ada halangan, kemungkinan aplikasi ini akan Launching pada Februari 2020 mendatang.” kata Leo.

Kombes Pol Leonardus Simarmata menjelaskan jika nantinya aplikasi tersebut, akan memiliki banyak fitur pelayanan, diantaranya adalah fitur lalu lintas, termasuk pelatihan untuk pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM), Perpanjangan SIM serta pembuatan SKCK online dan fitur lainnya seputar pelayanan Polisi kepada masyarakat.

“Jadi nanti dari masing-masing smartphone, masyarakat bisa langsung mengisi form yang ada. Kemudian akan menerima barcode. Saat datang ke kantor Polresta Malang Kota, masyarakat tinggal melakukan scan barcode tersebut,” papar mantan Wakapolrestabes Surabaya tersebut.

Selain berbagai fitur pelayanan, pada aplikasi Jogo Ngalam tersebut juga akan dilengkapi dengan Panic Button, atau tombol darurat. Dari fungsi tersebut masyarakat yang membutuhkan bantuan pihak Kepolisian secara darurat, bisa menekan tombol tersebut, dan pihak kepolisian akan segera menghubungi masyarakat atau datang langsung ke lokasi/TKP.

“Semoga dengan hadirnya aplikasi ini bisa membantu dan semakin memudahkan masyarakat di Kota Malang, semoga dalam waktu dekat aplikasi ini sudah diunduh, dan kami sangat terbuka bila ada masukan untuk pengembangan mengenai aplikasi ini ke depannya. Jangan lupa hadir ya mas saat launching Februari 2020 mendatang.” kata Leo.

(css/dsa)