Pemkab Sukamara Kalteng Salurkan 11.000 Bibit Ikan Kakap Putih

oleh -66 Dilihat

Kepala Dinas Perikanan Pandedi melalui Sekretaris Dinas Perikanan Syamsir Hidayat menjelaskan ikan kakap merupakan spesies ikan yang banyak digemari oleh masyarakat.

Tidak hanya itu, harga ikan kakap juga terbilang cukup tinggi, sehingga peluang usaha budi dayanya memiliki potensi untuk meraup keuntungan yang juga tinggi.

“Ikan kakap merupakan ikan yang hidup di perairan peralihan, sehingga ikan kakap dapat hidup di air laut, air payau hingga air tawar. Terdapat beberapa jenis ikan kakap, namun yang paling dikenal di Indonesia adalah ikan kakap merah dan putih,” jelasnya.

Menurutnya, kondisi lahan yang cocok memungkinkan ikan kakap tumbuh tanpa adanya hambatan. Ikan kakap diketahui memiliki tingkat toleransi yang cukup tinggi terhadap salinitas, berarti ikan kakap dapat hidup pada kondisi air apapun.

Budi daya ikan kakap dapat dilakukan pada kolam, tambak maupun daerah pinggir pantai. Namun kualitas air yang digunakan haruslah tetap terjaga, karena ikan kakap berasal dari daerah tropis, maka suhu kolam harus disesuaikan dengan habitat alaminya.