Indonesia Sukses Bikin Kapal Selam, Diberi Nama KRI Alugoro

oleh -351 Dilihat

“Berdasarkan cerita pewayangan, Alugoro merupakan salah satu senjata berbentuk Gada yang dimiliki oleh Prabu Baladewa,” ujar Corporate Communication of PT PAL Indonesia Zein Arfian.

Zein mengatakan Prabu Baladewa merupakan tokoh wayang yang dikenal adil, tegas dan jujur. Senjata Alugoro yang dimiliki Baladewa merupakan hadiah dari Batara Brama, guru dari Baladewa yang mengajarkan berbagai macam ilmu.

Senjata yang memiliki kekuatan pemusnah yang sangat dahsyat ini diberikan Batara Brama kepada Baladewa setelah dinyatakan lulus menuntut ilmu. Senjata Alugoro berbentuk gada dengan kedua ujungnya yang runcing.

Nama Alugoro disematkan dengan harapan agar kapal selam ini mampu melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai senjata yang memiliki daya hancur yang besar dan dahsyat. Senjata ini juga diharapkan tidak pernah kalah dalam setiap peperangan.

Kapal selam ini punya nama lengkap Alugoro-405. Kapal ini merupakan kapal selam berjenis Diesel Electric Submarine U209 / 1400 (KSDE U209 Chang Bogo Class).