Home / BUMN / Ekonomi

Selasa, 28 Januari 2020 - 18:52 WIB | Redaksi XNews.id

Si Manis “Flora Nauli” Kuda Hitam Dari PT Perkebunan Nusantara IV

Medan (XNews.id) – Wanita kelahiran 31 Juli 1968 ini,biasa disapa dengan Ibu Sabariah Harahap adalah seorang Ibu Rumah Tangga dan telah menjadi pengusaha ternak Lebah Madu sejak tahun 1993.

Suaminya yang berlatarbelakang seorang PNS sebagai staff Teknis di Balai Penelitian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, membuka jalannya untuk mengawali usaha ternak Lebah Madu dengan brand‘Flora Nauli’.

Berdasarkan riset,serangga penyegat ini ternyata luar biasa banyak populasinya di wilayah Sumatera khususnya Sumatera Utara.

Ada beberapa jenis lebah yang sedang ia kembangkan, yakni lebah Lokal Apis Cerana, Apis Melivera, Lebah tanpa sengat dan Lebah Trigona. Lebah tanpa sengat ini dikatakannya sebagai “Lebah Manja” karena sumber pakan harus tetap tersedia dan disaat musim paceklik harus diberi makanan tambahan serta rentan terhadap penyakit. Selain itu terdapat juga Lebah Trigona yang sedang viral dengan nama berbeda di setiap daerah.

Lebah Trigona ini dapat dibudidayakan dengan mudah dihalaman rumah karena dapat bersarang di sarang semut dan oleh karena itu beliau mulai memanfaatkan pekarangan rumahnya yang cukup luas yang berlokasi diJl.Setia Negara I Kelurahan Setia Negara, Kecamatan Siantar Sitalasari, Kota Pematang Siantar. untuk memulai budidaya ternak Lebah Madu ini.

Baca Juga  Kopi Indonesia Dinilai Terbaik di Dunia
Kisah Sukses Bersama PT Perkebunan Nusantara IV

Seiring berjalannya waktu usaha peternakan lebah ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Ibu Sabariah pun mulai melebarkan sayapnya dengan bergabung dan bekerja sama dengan beberapa instansi seperti PT Perkebunan Nusantara IV.

Berdasarkan laporan tentang Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) PT Perkebunan Nusantara IV terkait Program Kemitraan tahun 2018 menyebutkan jumlah Mitra Binaan yang bergabung sebanyak 2.848 Mitra Binaan Aktif dengan jumlah Penyaluran lebih kurang Rp. 10.615.000.000- yang terbagi beberapa sektor seperti industri, perdagangan, pertanian, peternakan, perkebunan, jasa, dan Ibu Sabariah Harahap adalah salah satunya.

Tahun 2011 Ibu Sabariah resmi bergabung menjadi mitra binaan PT Perkebunan Nusantara IV dengan mendapatkan bantuan modal usaha sebesar Rp. 50.000.000,- dan dibantu oleh 2 (dua) orang pekerja, bantuan modal usaha tersebut dimanfaatnya untuk menambah produksi lebah madu hingga mencapai lebih kurang 200 kg/bulannya dengan omset Rp. 50.000.000,-/bulan.

Selain itu beliau juga mendapatkan pembinaan seperti pelatihan serta mengikuti pameran-pameran dari PT Perkebunan Nusantara IV guna memperluas pemasaran produk ini. Hasil produksi madu ini juga sudah dipasarkan ke wilayah Aceh, Jakarta, Pematang Siantar dan daerah sekitarnya melalui iklan pada media cetak dan televisi, media sosial, Swalayan 212 dan tempat-tempat pengobatan alternatif.Hingga saat ini beliau telah mempunyai 4(empat) orang tenaga kerja tetap dengan omset yang mencapai kurang lebih Rp.135.000.000,-/bulan dengan hasil produksi lebih kurang 800 kg.

Baca Juga  Peresmian BumDes Bumi Wangi, Bupati Malang Berharap Masyarakat Genjot Potensi

Selain menjadi peternak madu Ibu Sabariah juga aktif di beberapa kegiatan seperti mengadakan balai pelatihan khusus Peternakan Lebah di pekarangan rumahnya dengan tujuan dapat mengedukasi masyarakat tentang keberadaan lebah madu pada masyarakat luas sehingga dari kegiatan ini beliau telah mampu menghasilkan peternak-peternak lebah baru. Baginya berbagi ilmu serta pengetahuan adalah sesuatu yang priceless.

Pada tahun 2019,Ibu Sabariah Harahap dipercaya kembali oleh Unit Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) PT Perkebunan Nusantara IV untuk menjadi mitra binaan dan mendapatkan bantuan modal usaha sebesar Rp.100.000.000,-.

Dana tersebut direncanakan akan digunakan untuk membuka galeri usaha yang lebih besar. Ibu Sabariah pun mengucapkan terima kasih khususnya kepada Direksi PT Perkebunan Nusantara IV atas bantuan modal usaha dan pembinaan serta kepercayaan yang telah diberikan sehingga usaha ternak madunya dapat berkembang dan senantiasa dipercaya menjadi mitra binaan PT Perkebunan Nusanatara IV. Terima Kasih PTPN IV Semoga semakin Jaya !!!!

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!

Baca Juga

Dunia

Lawatan ke Abu Dhabi, Menteri ESDM Tingkatkan Kerja Sama Sektor ESDM dengan PEA

Ekonomi

Maha Properti Batalkan Rencana Pembelian Kepemilikan Saham Benny Tjokrosaputra

Ekonomi

Di Bojonegoro, 3.200 Rumah Usulan Dari Desa Bakal Diperbaiki

Ekonomi

Distributor Tunggal BPNT, Bulog Diminta Komitmen Menyediakan Beras Berkualitas