Survei Alvara: Kepuasan Publik terhadap Polri Peringkat 2 di 100 Hari Kerja Pemerintahan Jokowi

Kontributor: -5 views

JAKARTA (XNews.id) – Lembaga Survei Alvara Research Center menyebut Polri menempati peringkat kedua dibawah TNI sebagai lembaga negara dengan tingkat kepuasan publik di 100 hari kerja pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Dalam survei ini, Polri menempati peringkat kedua dengan tingkat kepuasan sebesar 72,7 persen. Sedangkan peringkat satu dalam hasil survei ini adalah TNI dengan tingkat kepuasan 85,2 persen.

Selanjutnya, posisi ketiga dan keempat masing-masing diduduki Mahkamah Agung (MA) dan Mahkamah Konstitusi (MK) dengan tingkat kepuasan masing-masing 72,7 persen dan 72,4 persen.

Kemudian, kepuasan publik terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) menurun. Ini terjadi setelah Undang-undang KPK direvisi. Berdasarkan survei Alvara pada Agustus 2019, KPK berada di posisi kedua tertinggi, sedangkan pada Februari 2020 mereka berada di peringkat kelima.

“Yang menarik adalah bila dibandingkan dengan survei Agustus 2019 terdapat penurunan yang cukup tajam tingkat kepuasan publik terhadap KPK dan KPU. KPK turun dari peringkat 2 ke peringkat 5, Komisi Pemilihan Umum (KPU) turun dari peringkat 7 ke peringkat 8,” papar CEO Alvara Research Center Hasanuddin Ali melalui keterangan tertulis, Kamis (13/2).

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!