Home / Pilkada

Kamis, 13 Februari 2020 - 23:38 WIB | Meda Permana

Pilkades Serentak 2020 Bojonegoro, 98 Cakades Perempuan Sebagian Adalah Istri Atau Saudara Incumbent

Bojonegoro, (XNews.id) – Calon Kades di Pilkades Serentak 2020 hanya ada 98 perempuan dari 631 orang. Itu pun sebagian adalah istri atau keluarga dari calon lain, khususnya incumbent yang tidak punya lawan.

Kabid Bina Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bojonegoro, Iramada Zulaikah  mengatakan, memang pilkades gelombang III ini banyak yang laki laki dibandingkan perempuan. Meskipun begitu pemilih atau pendukungan tetap akan melihat mana yang lebih pantas menjadi pimpinan, meskipun laki laki lebih banyak di bandingkan perempuan.

Baca Juga  Dr Sri Untari Rekomendasikan Cabai Hiyung Dapat Diadopsi Petani Jawa Timur

“Untuk calon kepala Desa sendiri sebesar 631 orang yang lolos dan untuk perempuan sendiri ada 98, sedangkan ada 533 laki laki,” ujar Iramada Zulaikah pada Kamis (13/2/2020)

Dari data DPMD, semua Calon Kepala Desa (Cakades) di Bojonegoro gelombang III tercatat ada 631 Calon, sebelumnya ada 666 bakal calon dan setelah seleksi menjadi 631 yang ditetapkan.

“Untuk rinciannya, Smp ada 67 orang, SMA ada 408 orang, D2 sampai D4 ada 15 orang, S1 ada 133 orang, dan S2 8 orang. Dan untuk gender sendiri laki laki mendominasi, laki laki ada 533 dan perempuan 98 orang,” beber Kabid Bina Pemerintahan Desa itu.

Baca Juga  Bobby Nasution Bertemu Anggota FPKS Sumut Ustadz Hafez

Dilanjut Ira, sapaan akrapnya, memang banyak yang lulusan SMA sederajat, tapi paling tidak kalau ngomong masalah lulusan apalagi SMA atau lebihnya, itu tetap diatasnya satu tingkat di bandingkan lulusan SMP.

“Kalau lulusan atau ijasah itu tidak menjamin untuk memimpin desa lebih baik lagi, tapi lulusan juga bisa menjadi indikator untuk lebih memajukan desa,” tutup Iramada Zulaikah.

(rnn/ryy)

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!

Baca Juga

Pilkada

Temui Sineas Lokal, Bobby Ajak Kolaborasi Bentuk Identitas Kota Medan

Nasional

Dua Kandidat Terkuat Gubernur Bengkulu Saling Mendukung

Pilkada

Kader Partai PDI Perjuangan Harus Peka dan Tanggap Terhadap Lingkungan

Nasional

Rusdy Mastura Mengaku Dimotivasi Ahmad Ali