Home / Ekonomi

Jumat, 14 Februari 2020 - 19:06 WIB | Meda Permana

Investor Dari Kanada, Lirik Destinasi Wisata Tumpak Sewu Lumajang

Lumajang, (XNews.id) – Wisata air terjun Tumpak Sewu Semeru di Desa Sidomulyo Kecamatan Pronjiwo mulai dilirik investor luar negeri. Thoriqul Haq, Bupati Lumajang mendapat kabar dari Bakorwil Lima Jember, bahwa ada investor Kanada yang tertarik dengan Lumajang.

“Saya dikabari pak Cahyo kepala Bakorwil Lima Jember yang mengantar jejaring investasi dari Kanada,” ujar Cak Thoriq usai rapat paripurna di DPRD Lumajang, Jum’at (14/02/2020).

Baca Juga  Rapim Kemenhan TNI-Polri, Presiden: Personel TNI-Polri Jaga Kedaulatan NKRI

Pemerintah Lumajang akan menyiapkan perencanaan pengembangan wisata yang sejalan dengan local wisdom (kearifan lokal) Tumpak Sewu. Masuknya investor tidak boleh meninggalkan para pelaku usaha wisata lokal.

Kelompok sadar wisata, karang taruna harus dilibatkan dalam pengembangan wisata yang dilakukan oleh investor. Pemerintah menyambut baik rencana masuknya investor, namun harus tetap melibatkan masyarakat sekitar.

“Local wisdom itu yang harus diutamakan agar bisa mengungkit ekonomi sekitar. Pokdarwis harus terlibat dan masyarakat sekitar bisa menimkamti dampat positif pariwisata,” jelasnya.

Baca Juga  Aksi Bripka Sigit Prabowo Gendong Penumpang TransJakarta yang Terkena Serangan Jantung

Cak Thoriq ingin ada investasi yang bisa menarik minat para pengunjung datang ke Lumajang. Semisal pembangunan cable car (kereta gantung) yang menghubungkan satu wisata dengan wisata yang lain yang sangat indah di Pronojiwo. “Cable car bisa dimulai dari Goa Tetes hingga Tumpak Sewu Semeru,” pungkasnya.

(Fa/nk)

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!

Baca Juga

Ekonomi

Bukit Selorejo Dau, Surga Yang Tersembunyi Di Kabupaten Malang

Ekonomi

Pemprov Jabar Gelontorkan Rp124 Miliar, Inspektorat Provinsi Periksa Serapan Bantuan Keuangan Kota Bogor

Ekonomi

Disporapar Prediksi Wisatawan Hadiri Cap Go Meh 2020 Lebih Ramai

Ekonomi

Jasa Raharja Papua Bayarkan Santunan Rp29 Miliar Lebih Selama 2019