Blitar Berbagi Senyum, Polres Blitar dan Pemkab Blitar bersama Yayasan Kick Andy Foundation untuk Penyandang Disabilitas

oleh -61 Dilihat

BLITAR (XNews.id) – Polres Blitar bersama Pemerintah Kabupaten Blitar bekerja sama dengan Kick Andy Foundation, menyalurkan bantuan kaki palsu, kursi roda dan Al Quran Braille dalam rangkaian Bakti Sosial Blitar Berbagi Senyum.

Para penyandang disabilitas menerima bantuan langsung dari Kapolres Blitar AKBP Budi Hermanto, Bupati Blitar Rijanto dan Ketua Kick Andy Foundation, Ali Sadikin. Acara tersebut juga dihadiri oleh putri Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin, Siti Nur Azizah dab ikut menyerahkan bantuan.

Acara yang digelar di Pendopo Hadinegoro tersebut, selain memberikan berupa kaki palsu, kursi roda, dan Al Quran Braille kepada para difabel. Pejabat yang hadir juga memberikan santunan kepada anak-anak yatim, serta menyalurkan program jaminan kematian BPJS Ketenagakerjaan.

“Intinya kita membangun suatu teori kerja sama dengan koordinasi dan berkolaborasi. Kami melihat Membantu bukan karena kita ini mampu. Tapi kita ingin berbagi senyum itu yang kita utamakan,” tegas Kapolres Blitar Akbp Budi Hermanto, Sabtu (15/2).

Buher menyatakan membantu dan menghormati penyandang disabilitas harus diawali dari sekitar lingkungan masing-masing. Para difabel mampu bangkit dan berdaya untuk mandiri. Mereka tidak akan tertinggal dengan orang lain bila bersemangat tinggi

“Kami memberikan bantuan Alquran braille di masjid-masjid sebagai inventaris dan melatih baca Alquran bagi 36 difabel, yang aktif 22 difabel,” ujarnya

“Bagi masyarakat yang anggota keluarganya difabel, jangan malu atau minder. Kita ingin memberikan spirit, mari kita mulai menghormati mereka di lingkungan sekitar kita, tidak menganggap sebagai warga kelas dua,” sambungnya.

Sementara Bupati Blitar Rijanto, menyatakan tanpa adanya ide cemerlang dari Akbp Budi Hermanto, acara ini tidak akan bisa terlaksana, dan disupport oleh kick andy foundation.

“Saya sangat berterima kasih atas nama pribadi, dan seluruhnya terutama pada disabilitas. Atas ide dan rencana yg cemerlangnya hal ini tidak akan terjadi. Termasuk pelatihan beberapa keterampilan, seperti membuat batik di Yayasan Kinasih.” ujar Bupati Rijanto dalam sambutannya.

Pada kesempatan yang sama Ibu Hj Siti Nur Azizah Maruf, puteri dari Wakil Presiden Republik Indonesia, KH Maruf Amin, memberikan apresiasi terhadap inisiasi dan inovasi Kapolres Blitar dengan kegiatan Blitar berbagi Senyum itu.

Selain itu Nur Azizah juga menyampaikan pesan dari Wapres RI, KH Maruf Amin. Permasalahn bangsa ini adalah belum adanya akses dan ruang kesempatan kepada para disabilitas. Serta berharap kedepannya, kita bisa menjadi pioner untuk memberikan akses dan kesempatan kepada mereka penyandang disabilitas.

“Bukan hanya akses pendidikan inklusif, tetapi juga akses kesehatan, pekerjaan yang terbuka seluas-luasnya tanpa ada perbedaan kemampuan fisik. Selain itu juga akses untuk Ibadah, dirumah-rumah ibadah.” terangnya.

“Tanggung jawab kita semua, agar saudara kita yg disabilitas mendapat ruang dan kesempatan untuk bersama-sama memberikan manfaat dan dampak positif yang besar bagi masyarakat dan menuju Indonesia Maju dengan SDM yang Unggul.” harapnya.