Home / Pilkada

Selasa, 25 Februari 2020 - 22:15 WIB | Meda Permana

Terbukti Jadi Kader Partai, 3 PPK di Lamongan Dipecat

Lamongan, (XNews.id) — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lamongan mencoret tiga nama Panitian Pemilihan Kecamatan (PPK) yang telah ditetapkan. Ketiganya terbukti tercatat sebagai kader di salah satu partai politik (parpol).

Ketiga PPK yang dicoret itu ada di Kecamatan Solokuro, Bluluk dan Kecamatan Babat. Setelah dilakukan klarifikasi kepada yang bersangkutan ketiganya terbukti merupakan kader parpol.

“Setelah kita lakukan klarifikasi kepada yang bersangkutan terkait tanggapan masyarakat yang masuk dan sudah terbukti,” kata Ketua KPU Lamongan, Mahrus Ali, Selasa (25/02/2020).

Baca Juga  Maju Cakada, Adik Kandung Bupati Hilarius Duha Mengundurkan Diri dari PNS

Dijelaskan Mahrus, pencoretan ketiga PPK itu bermula dari aduan masyarakat, yang menyatakan jika ada anggota PPK terpilih yang merupakan kader partai. Laporan tersebut kemudian ditindaklanjuti oleh KPU dengan meminta klarifikasi kepada terlapor.

“Sebenarnya ada enam orang PPK yang dilaporkan kepada kami. Namun, setelah dilakukan klarifikasi hanya tiga orang yang terbukti,” jelasnya.

Baca Juga  Resmi, HM Sanusi Raih Rekom Dari PDIP Maju Pilkada 2020

Ditegaskan Mahrus, pihaknya dalam menjalankan amanat sebagai penyelanggara pemilu, tetap mengacu kepada aturan jika penyelenggara tidak boleh menjadi kader partai.

“Kami tetap mengacu aturan yang ada dengan bukti-bukti, yang memang sesuai dengan aturan bahwa PPK tidak boleh merangkap menjadi anggota partai politik” tegas dia, (vid/yud)

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!

Baca Juga

Nasional

Didatangi Bobby Nasution, Warga Kota Medan Sampaikan Aspirasi Terkait Pendidikan dan Anak Putus Sekolah

Pilkada

Bobby Nasution Silaturahmi ke Ibu Perwiritan di Kampung Nelayan

Nasional

Bobby Nasution Silaturahmi Dengan Mengunjungi Warga Medan Denai

Nasional

Bobby Nasution Dilantik Jadi Wakil Ketua Umum HIPMI