Mau Buat SIM Internasional Secara Online? Nah, Begini Caranya

Kontributor: -0 views

JAKARTA (XNews.id) – Korlantas Polri secara resmi melaunching pelayanan SIM Internasional Online di Gedung SIM Internasional Korlantas Polri, Jakarta Selatan, Jumat (28/2).

Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono menyambut baik acara yang digelar oleh Direktorat Registrasi dan Identifikasi (Dit Regident) dalam upaya pengembangan Regident mengemudi khususnya pelayanan SIM Internasional Online.

Layanan ini, sumber datanya terintegrasi dengan beberapa instansi pemerintah.“Kita telah bekerja sama dengan Dukcapil, Imigrasi, Bank BRI untuk mewujudkan peningkatan pelayanan publik ini,” kata Kakorlantas.

Dia berharap momentum ini dapat jadikan untuk menjalin dan mempererat serta meningkatkan hubungan antara suatu negara dengan negara lain demi tercapainya tujuan bersama kaitannya dalam memberikan legitimasi kompetensi terhadap setiap warga negara yang akan mengemudi di jalan raya.

Adapun mekanisme penerbitan SIM Internasional sebagai berikut:
1.Registrasi melalui website http://sim.korlantas.polri.go.id/sim-internasional menggunakan perangkat HP atau PC dan pembayaran secara tunai di kasir yang telah disediakan. Biaya SIM baru Rp 250.000 sedangkan perpanjangan Rp225.000.
2. Pemohon diwajibkan datang ke Korlantas Polri untuk mengambil nomor urut antrian.
3. Verifikasi SIM asli, Paspor asli, KTP asli dan KITAP asli khusus WNA.
4. Identifikasi melalui foto, sidik jari dan tanda tangan elektronik.
5. SIM internasional sudah jadi dan berlaku 3 tahun dari mulai penerbitan.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!