Home / Ekonomi

Kamis, 26 Maret 2020 - 09:42 WIB | Ali Ibrahim

COVID-19 Perlu Dicegah Demi Selamatkan Ekonomi Negara

Jakarta (XNews.id) – Ekonom Senior INDEF, Dradjad Wibowo mengatakan, untuk menyelamatkan ekonomi negara, pemerintah perlu mencegah penyebaran pandemi COVID-19.

“Kalau kita gagal mencegah wabah ini, maka ekonomi otomatis akan berhenti, meski tidak 100%, tapi ekonomi akan jauh berkurang. Sehingga tidak ada lagi sisi ekonomi yang bisa kita selamatkan,” katanya di Jakarta, Selasa (24/3/2020).

Dradjad menegaskan, pemerintah beserta masyarakat perlu benar-benar fokus pada pencegahan penyebaran virus corona ini. Jika perlu, kebijakan untuk memberlakukan lockdown harus diambil.

Baca Juga  Kolaborasi dengan Petrokimia Gresik, Panen Perdana di Demplot Sultra Capai 8 Ton Per Hektar

“Apapun harus kita lakukan, kalau perlu dengan memberlakukan lockdown. Seharusnya tidak ada lagi perdebatan bagaimana dampak lockdown. Seharusnya tidak perlu lagi kita diskusikan, begitu satu daerah menurut para ahli kesehatan sudah harus lockdown, negara harus ambil tindakan untuk lockdown tersebut,” terangnya.

Namun, menurutnya, keputusan lockdown suatu daerah harus berdasarkan permintaan ahli kesehatan. Politisi maupun ekonom, tidak boleh memberikan rekomendasi lockdown.

Baca Juga  Polda Kepri Bersama Himpunan Melayu Raya Bantu Sembako ke Masyarakat Pesisir

“Jangan memasukkan pertimbangan politik dan ekonomi untuk menentukan lockdown atau tidak. itu prinsip yang sangat kunci yang harus kita lakukan,” ujar Dradjad.

Pencegahan penyebaran virus corona ini dianggap sangat penting mengingat kapasitas pelayanan kesehatan negara yang tidak mumpuni. Oleh karenanya, Dradjad berharap pemerintah bisa menekan laju penyebaran virus corona dengan sebaik mungkin. (gat) #medialawancovid19

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!

Baca Juga

Ekonomi

Panen Raya Durian Ngantang Malang Pertengahan Bulan Februari

Ekonomi

Gojek Impor 5 Juta Masker untuk Jaga Kesehatan dan Keselamatan Mitra Driver dari Risiko Penyebaran Covid-19

Ekonomi

Kasus Asabri, Menhan Prabowo Sebut Sudah Bentuk Tim Investigasi

Ekonomi

Komisi C DPRD Lihat 17 Spot Rencana Kerjasama TNBTS dan Lumajang