Home / Ekonomi

Kamis, 26 Maret 2020 - 09:07 WIB | Ali Ibrahim

Ombudsman : Krisis 1998 Tidak Separah Tahun Ini

Jakarta (XNews.id) – Komisioner Ombudsman RI Laode Ida menilai, Indonesia saat ini tengah mengalami krisis yang dahsyat. Kedahsyatannya melebihi krisis 1998.

“Krisis 1998 tidak separah tahun ini. Tahun ini sangat parah karena paling banyak menghantam kelompok masyarakat menengah ke bawah,” kata Laode, Selasa (24/3/2020).

Dia membandingkan kondisi ekonomi di tahun 1998. Di mana, kelompok menengah ke bawah lebih banyak yang bertahan.

Itu sebabnya, pemulihan ekonomi pascakrisis lebih cepat. Sebab, penduduk Indonesia terbanyak di golongan menengah ke bawah.

Baca Juga  Cegah Covid-19, Polisi dan Apkam Berikan Imbauan dan Penyemprotan Disinfektan

“Dulu, ketika perbankan dan usaha makro banyak yang bangkrut, usaha mikro justru bertahan. Pedagang kaki lima, warteg, dan usaha mikro yang menggerakkan ekonomi Indonesia,” ucapnya.

Berbeda dengan tahun ini, golongan menengah ke bawah paling merasakan dampaknya. Banyak usaha mikro di ambang bangkrut.

Para pedagang kecil seperti penjual warteg, gorengan, bakso, kafe, dan lainnya pendapatannya anjlok. Lantaran banyak masyarakat yang takut keluar rumah karena corona. Masyarakat memilih masak sendiri daripada beli karena takut tidak higienis.

Baca Juga  HUT ke-101 Damkar, Kemendagri Apresiasi Kegiatan Skill Competition

Sedangkan kelompok menengah atas yang jumlahnya sedikit, bisa bertahan. Mereka punya banyak cadangan dana untuk tetap bertahan hidup.

Jangan heran, kata Laode, yang paling banyak memborong bahan pokok adalah kelompok menengah atas. Kelompok menengah bawah, hanya bisa gigit jari karena semua bahan pokok sudah diborong orang berduit.

“Andai usaha coffee shop saya masih jalan, mungkin akan sama nasibnya dengan usaha kecil menengah lainnya yang sekarang ngos-ngosan untuk bertahan,” ucapnya. (kon)

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!

Baca Juga

Ekonomi

Menkeu Ungkap 4 Sektor Paling Tertekan Gara-gara Corona

Ekonomi

Stabilitas Ekonomi Makro Jateng dan DIY Terjaga Dengan Baik

Ekonomi

DPD RI Jawa Timur Ahmad Mawardi: HKTI Pujon Saatnya Jadi Investor Pertanian

Ekonomi

Hati-hati, Penyebar Hoax Bisa Dihukum Pidana Enam Tahun