Kementerian PUPR Siapkan Sejumlah Waduk dan Sumur Bor Antisipasi Kekeringan

Kontributor: -2 views

JAKARTA (XNews.id) – Kementerian PUPR akan mengoptimalkan pengoperasian infrastruktur tampungan air di seluruh Indonesia sebagai upaya mengantisipasi dampak kemarau panjang.

Kemarau panjang tersebut diperkirakan akan mengakibatkan kekeringan pada sumber air untuk pertanian dan air baku.

Hal ini bertujuan untuk menjaga ketersediaan bahan pokok hasil pertanian dan air bersih terlebih di saat merebaknya pandemi Covid-19 dimana pangan dan air sangat diperlukan masyarakat.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan pemerintah harus menjamin beberapa hal dalam masa pandemi Covid-19 untuk kebutuhan air yaitu pangan, kesehatan, dan pelayanan dasar.

“Untuk itu Kementerian PUPR berupaya melakukan langkah-langkah antisipasi menjamin ketersediaan air saat musim kemarau tiba,” kata  Basuki.

Berdasarkan hasil pantauan lapangan, tercatat total jumlah waduk operasional sebanyak 241 waduk yang meliputi 16 waduk utama dengan volume ketersediaan air sebesar 4.721 miliar m3 dengan areal irigasi yang tepat dapat dilayani sebesar 512.515 Hektare (Ha) (96,57%) dari total 530.738 Ha.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!