New Normal Pariwisata, Kedepankan Pariwisata Berbasis Pertanian

Kontributor: -65 views
Suasana di salah satu tempat wisata di Desa Taro, Kecamatan Tegallalang, Gianyar, Bali.

GIANYAR BALI (XNews.id) – Pelaku pariwisata Desa Taro berharap dalam new normal pariwisata Pemprov Bali bisa mengedepankan pariwisata berbasis pertanian. Hal ini disampaikan pengelola wisata Gastronomi Desa Taro, Wayan Belok. “Saya mengusulkan salah satu terobosan adalah pariwisata berbasis pertanian,” jelas Wayan Belok, Kamis (28/5/2020).

Dijelaskannya, dengan pariwisata berbasis pertanian, maka dua sektor bisa hidup berkelanjutan yaitu pertanian dan pariwisata. “Kita belajar dari pengalaman, ketika pariwisata down, maka sektor pertanian masih bisa survive,” jelas Wayan Belok. Disamping itu, menurutnya pekerja pariwisata secara otomatis masih memiliki pekerjaan di bidang pertanian.

Dijelaskan lagi, Wayan Belok juga berharap pariwisata yang dikembangkan juga berbasis desa wisata, yang artinya potensi-potensi pariwisata dikembangkan oleh desa wisata, sehingga manfaat ekonomi dinikmati oleh warga desa. “Harapan saya kepada Pemprov Bali, Pak Koster, pariwisata dikembangkan oleh desa wisata, sehingga manfaat ekonomi dinikmati warga desa pengelola pariwisata,” harapnya. Menurutnya pengembangan pariwisata dengan basis desa wisata, selain perputaran ekonomi dinikmati warga sekitar.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!