Jokowi Minta Tunda Pembahasan RUU HIP, Ini Respons PDIP

Kontributor: -18 views

JAKARTA (XNews.id) – Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Ahmad Basarah menyatakan pihaknya menghormati keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang disampaikan melalui Menko Polhukam Mahfud MD, yang meminta agar pembahasan RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP) ditunda dulu.

“Kami menghormati keputusan itu,” kata Basarah, Selasa (16/6/2020).

Dengan penundaan, menurut Basarah, maka Pemerintah dan DPR jadi memiliki waktu yang lebih banyak untuk menjelaskan maksud dan substansi pembuatan RUU tersebut kepada masyarakat dan bisa dilakukan secara terbuka serta proporsional kepada masyarakat luas, agar terjadi kesepahaman yang sama tentang urgensi RUU ini.

Basarah mengatakan alasan sosiologis pihaknya mendukung RUU Pembinaan Ideologi Pancasila adalah dalam rangka membentengi Pancasila dalam menghadapi gempuran ideologi transnasional yang masif.

“Sehingga kami nilai diperlukan payung hukum strategis agar terjadi internalisasi dan pembudayaan Pancasila di dalam hati sanubari masyarakat Indonesia,” kata Basarah yang juga Wakil Ketua MPR itu.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!