Arus Besar Penolakan RUU HIP, Nasir Djamil: Guna Menjaga Stabilitas Nasional, RUU HIP Layak Dibatalkan

Kontributor: -0 views
Arus Besar Penolakan RUU HIP, Nasir Djamil: Guna Menjaga Stabilitas Nasional, RUU HIP Layak Dibatalkan (Foto : Ist)

Jakarta (XNews.id) –  Gelombang penolakan terhadap pembahasan Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) terus bergulir keras dari sejumlah elemen masyarakat, diantaranya Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ormas Islam (PBNU, PP Muhammadiyah, dan FPI), Purnawirawan TNI/Polri, dan juga para cendikiawan. Alasan penolakan cukup beragam, mulai dari tidak dimasukkannya TAP MPRS Nomor XXV/1966 tentang pembubaran PKI sebagai konsideran dan juga RUU HIP dinilai sebagai hal yang tidak terlalu urgen saat ini, terutama dimasa pandemi Covid-19.

Anggota Komisi Hukum, HAM, dan Keamanan (Komisi III) DPR-RI, M.Nasir Djamil menyatakan RUU HIP layak untuk dibatalkan mengingat RUU ini mendapat resistensi yang besar dari sejumlah elemen masyarakat. Ia menyatakan akan sangat beresiko terhadap stabilitas politik dan keamanan nasional jika RUU ini tetap dipaksakan untuk dibahas nantinya.

“Arus penolakan yang keras dari para elemen masyarakat tentu mengindikasikan adanya _something wrong_ dari RUU ini, jika dipaksakan maka stabilitas dan keamanan bisa terganggu, padahal dimasa seperti ini (pandemi) kita butuh suasana politik dan keamanan yang tenang agar penanganan pandemi covid-19 bisa dilaksanakan dengan maksimal” ujar Nasir.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!