Geliat Perebutan Kursi N 1 Mulai Terlihat Banner Sam HC (Malang Jejeg) Sudah Bertebaran Dipaku Dipohon

Kontributor: -18 views

Malang, (XNews.id) – Tahapan pilkada baru saja dimulai lagi setelah berhenti karena pandemi Covid-19, namun demikian sudah banyak beredar banner Sam HC yang membawa tagline Malang Jejeg dan dipaku dipepohonan,
Padahal kampanye Pilkada 2020 Kabupaten Malang belum dimulai.

Banner yang didominasi warna biru itu itu terdapat foto Sam HC, sapaan akrabnya mengenakan kopiah, dengan tulisan “IKI AE SENG JELAS” dan tagline Malang Jejeg.

Menanggapi banyaknya banner ilegal dan dipaku dipepohonan jalan raya ini, Sekretaris Satpol PP Kabupaten Malang Firmando Hasiholan Matondang, mengatakan bahwa pemasangan banner tersebut melanggar Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Malang no. 11 tahun 2019.

“Di Perda tersebut tertuang semua iklan entah itu perumahan ataupun hal yang berbau politik jika di pasang di Pohon atau tiang listrik dilarang,” ujarnya, Jumat 22/6/2020.

Menurut Mando, sanksi yang dikenakan untuk pelanggar Perda itu hanya berupa pencopotan baner.

“Untuk sanksinya, kalau dari kami ya pencopotan, jika sanksi lainya, karena ini terkait pilkada ya nanti bawaslu yang berikan sanksi bukan kami”, ujarnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Malang, Muhammad Wahyudi mengatakan bahwa pihaknya belum bisa menerapkan sanksi dengan adanya banner liar dari Malang Jejeg tersebut.

“Karena masih belum ada calon Bupati, dan masih akan dilakukan tahap verifikasi faktual, kami belum bisa menerapkan sanksi, dan saat ini menjadi kewenangan Satpol PP”, terangnya.

Beredarnya banner liar Sam HC tersebut juga mendapat perhatian pemerhati lingkungan diantaranya Pro Desa yang beberapa waktu lalu menyoal hal tersebut karena banner tersebut dipaku di pohon-pohon.

“Tagline nya Malang Jejeg, tapi banner nya dipaku di pohon, mana bisa jejeg wong belum-belum sudah melanggar dan merusak lingkungan”, ujar Khusairi, Koordinator Badan Pekerja Pro Desa,

(4rdy)

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!