Terkait Dugaan Pungli di SMPN 1 Tumpang,Ketua Umum FMPP Sangat Menyesalkan

Kontributor: -166 views

Malang , (XNews.id ) – Terkait temuan adanya uang investasi Rp 1,5 juta Calon peserta didik baru harus membeli seragam ke sekolah, serta uang sodaqoh Rp 100 ribu/bulan yang digagas komite SMPN 1 Tumpang, sangat disesalkan Asep Suriaman, S. Psi Ketua Umum Front Masyarakat Peduli Pendidikan (FMPP).

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 75 tahun 2016 belum sepenuhnya dipahami dan dijalankan oleh komite SMPN 1 Tumpang.

“Mari kita buka kembali dan dibaca serta dipahami,apa itu yang di namakan Bantuan Pendidikan, Sumbangan Pendidikan dan Pungutan Pendidikan ? Semoga komite Sekolah bisa membedakannya,” tutur Asep yang juga pegiat komunitas Disabilitas.

Sesuai dengan Permendikbud nomor 75 Tahun 2016, bunyi Pasal 1 ayat 3 Bantuan Pendidikan adalah pemberian berupa uang/barang/jasa oleh pemangku kepentingan satuan pendidikan di luar peserta didik atau orang tua/walinya, dengan syarat yang disepakati para pihak.
ayat 4 Pungutan Pendidikan adalah penarikan uang oleh Sekolah kepada peserta didik, orang tua/walinya yang bersifat wajib, mengikat, serta jumlah dan jangka waktu pemungutannya ditentukan.
ayat 5 Sumbangan Pendidikan adalah pemberian berupa uang/barang/jasa/oleh peserta didik, orang tua/walinya,baik perseorangan maupun bersama-sama, masyarakat atau lembaga secara sukarela dan tidak mengikat satuan pendidikan.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!