Dikunjungi Bobby Nasution, UMSU Urai E-learning Hadapi Pandemi Covid-19

oleh -187 Dilihat

MEDAN (XNews.id) – Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menunjukkan kesiapannya menjalankan protokol kesehatan di lingkungan kampus, saat dikunjungi Calon Walikota Medan Bobby Nasution, Selasa (30/6/2020).

Dalam silaturahim di Kampus Jalan Mukhtar Basri, itu Bobby Nasution disambut Rektor UMSU, Agussani dan jajaran civitas akademiknya. Kepada penggagas #KolaborasiMedanBerkah itu, UMSU membeber program e-learning (proses belajar-mengajar dalam jaringan/daring) guna menghadapi era kenormalan baru (new normal).

“UMSU mempersiapkan sistem e-learning sesuai petunjuk Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Ada kendala-kendala yang akan kita hadapi memang. Tapi Insya Allah dapat kita lalui sebaik-baiknya,” ucap Wakil Rektor I UMSU, Muhammad Arifin.

Kandidat Doktor ini mengakui, tidak semua dosen paham memanfaatkan information technology (IT) untuk e-learning. Karenanya, universitas yang sejak 1957 sudah menghasilkan puluhan ribu alumni ini melakukan pedekatan-pendekatan kepada setiap dosen.

“Dimana, dalam setiap aktivitas daring, ada operator yang kita siapkan untuk membantu dosen dalam mempersiapkan proses pembelajaran,” jelasnya.

Kata Arifin, sejak pandemi Covid-19 UMSU sudah menerapkan sistem pembelajaran daring dengan menyesuaikan kondisi yang ada. Bahkan, ujian pun dilaksanakan dengan sistem daring.