Ini Laporan Terbaru PBB Soal Hubungan antara Permintaan Produk Hewani dengan Wabah di Masa Depan

oleh -239 Dilihat
oleh
produk hewani

JAKARTA, (Xnews.id) – Dalam laporan terbarunya, “Mencegah wabah selanjutnya: Penyakit zoonosis dan bagaimana memutus rantai penularan” yang dirilis belum lama ini, para ahli Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNEP) memperingatkan faktor seperti intensifikasi pertanian dan peternakan, peningkatan permintaan protein hewani, serta deforestasi dan perubahan iklim dapat menyebabkan munculnya wabah baru yang berasal dari hewan sebelum ditularkan ke manusia, seperti kasus yang terjadi pada virus corona.

“Faktor-faktor tersebut merusak habitat alami dan memperlihatkan eksploitasi yang dilakukan oleh manusia ke spesies lain, yang membuat manusia semakin dekat dengan sumber penyakit. Jika telah ditularkan pada manusia, penyakit tersebut dapat menyebar cepat dalam dunia yang saling terhubung saat ini, seperti yang kita lihat terjadi pada kasus Covid-19”, ungkap Inger Andersen, Direktur Eksekutif UNEP.

Laporan tersebut menjelaskan bagaimana hewan seperti sapi, babi, dan ayam, sering dibesarkan dalam kondisi yang “tidak ideal” dalam level produksi yang tinggi serta cenderung serupa secara genetik, sehingga sangat rentan mengalami infeksi dibandingkan dalam populasi yang lebih beragam. Lebih parahnya lagi, mayoritas hewan ternak saat ini dibesarkan dalam peternakan pabrikasi, fasilitas yang dirancang untuk mengurung ribuan hewan dalam satu tempat dan tidak memberi ruang untuk adanya jarak fisik antar satu hewan dengan yang lainya.