Soal Kalung Antivirus Corona, DPD RI Minta Kementan Fokus Ketahanan Pangan

oleh -114 Dilihat

Jakarta (XNews.id) – Pro dan kontra masih mewarnai rencana Kementerian Pertanian (Kementan) yang berencana memproduksi massal kalung antivirus corona (Covid-19) yang dibuat dari tanaman eucalyptus, antivirus. Dimana kalung tersebut dipercaya bisa ampuh mematikan virus corona.

Wakil Ketua DPD RI, Sultan Bachtiar Najamudin pun angkat bicara. Menurutnya, rencana tersebut mengada-ada dan tidak sesuai dengan tupoksinya. “Dokter, kalangan akademisi bahkan masyarakat awam tidak percaya dengan keampuhan kalung itu. Pertama memang, belum ada bukti uji klinis, kedua sedikit aneh kalau Mentan ngurusin yang bukan bidangnya,” ujar Sultan kepada wartawan, Selasa (7/7/2020).

Untuk itu kata Sultan, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo diminta untuk fokus pada program ketahanan pangan. “Dalam jangka pendek, kebutuhan pangan saat pandemi Covid-19 ini mungkin tercukupi. Namun ini selalu menjadi isu fundamental yang mengemuka dari tahun ke tahun dan ini yang harus jadi fokus Kementan,” tandasnya.

Saat ini pertumbuhan penduduk di Asia kata Sultan, akan semakin meningkat. Ia mencontohkan produktivitas pangan khususnya beras, harus benar-benar ditingkatkan. “Persediaan pangan akan menipis. Untuk itu dibutuhkan peningkatan produktivitas sebagai antisipasi keterbatasan pangan dan energi di masa mendatang,” tegasnya.