Peran Aktif Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang dalam Mencegah Penyebaran Covid-19

oleh -91 Dilihat

Malang, (XNews.id) – Indonesia sudah menerapkan kebijakan New Normal di beberapa daerah yang padat penduduk. Namun, angka yang terinfeksi masih meningkat. Masih banyaknya masyarakat yang tidak mematuhi peraturan New Normal dinilai sebagai salah satu penyebab.

Menanggapi hal tersebut, Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang tergabung dalam Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa (PMM), setelah di lakukan Rapid Test di Kecamatan Pujon tepat di Pasar Tradisional Desa Pujon Kecamatan Pujon Kabupaten Malang, ia berharap generasi Mahasiswa milenial Indonesia punya peran penting agar Covid-19 tidak semakin meluas. Caranya, ujar Wakil Ketua MPM Haitsam Nuril Brantas Anarki dengan menyebarluaskan kegiatan mereka seluas-luasnya sebagai dukungan ikut mencegah merebaknya virus tersebut.

Kaum Mahasiswa milenial tentu juga ikut menghindari budaya nongkrong di tempat keramaian, menjaga jarak, tidak melakukan kontak fisik ketika bertemu atau berkenalan, menggunakan masker ketika keluar rumah.

Selain itu, Menurut Nuril rajin mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik, mengkonsumsi makanan bergizi dan multivitamin, serta rajin berolahraga untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Yang terpenting, jika tidak ada urusan mendesak untuk keluar rumah, lebih baik berdiam diri dengan tetap #DirumahAja.

“Kegiatan Mahasiswa Melenial di atas dapat disebarkan ke semua orang melalui media sosial. Misalnya, setiap mahasiswa melakukan anjuran tersebut dan mem-posting kegiatannya di media sosial yang disaksikan ratusan bahkan ribuan orang,” kata Nuril, Sabtu (11/7/2020).

Menurut Mahasiswa Asli Pujon ini, aktivitas itu  terlihat sepele tetapi dapat memberikan influence kepada orang lain untuk melakukan hal yang sama. Terutama, lanjut Nuril, dilihat dari banyaknya Mahasiswa yang saat ini memiliki berbagai macam platform media sosial dan berprofesi sebagai influencer.

Hal itu, ujarnya, secara tidak langsung akan membantu pemerintah menyalurkan informasi-informasi dalam mencegah penyebaran virus Covid-19 di Indonesia.

Mahasiswa Milenial dikenal dengan kreativitas yang tinggi, bersikap optimistis, dan memiliki kemampuan adaptif (fleksibel), sehingga mereka dapat mengambil peran penting di tengah pandemik Covid 19

Menurut Nuril di tengah penerapan kebijakan New Normal sekarang ini, teknologi sangat berperan untuk melancarkan aktivitas sehari-hari baik bagi anak sekolah, mahasiswa, UMKM, maupun pekerja kantoran yang melakukan Work From Home (WFH).