Masumi Mahasiswa Poltas Aceh Selatan Ciptakan Alat Pendeteksi Banjir

Kontributor: -134 views

 

TAPAKTUAN (XNwes.id) – Masumi Mahasiswi Politeknik Aceh Selatan, merancang alat pendeteksi banjir menggunakan sensor ultrasonik berbasis telegram dan suara sebagai proyek akhir pada Program Studi Teknik Komputer.

Mahasiswa dari jurusan Program Studi Teknik Komputer, Masumi pada Wartawan mengatakan, cara kerja alat pendeteksi banjir ini diletakan didekat aliran sungai.

“Alat pendeteksi ini berfungsi untuk mendeteksi banjir jika aliran air yang menggalir sudah tidak normal maka alat pendeteksi ini akan bersuara dan memberikan pesan peringatan melalui telegram,”katanya saat uji coba alat tersebut didekat sungai di Sungai Gampong Geulumbuk, Kecamatan Kluet Selatan, Kabupaten Aceh Selatan, Rabu (29/07/2020).

Lebih lanjut Masumi menjelaskan, alat ini di pasang di tempat yang rawan banjir misalnya di sunggai, kali, yang rawan banjir, jika air normal di sungai setinggi 1 meter masih normal, jika tinggi aliran air menjadi 2 meter maka status siaga dan jika air sudah di atas tidak normal maka alat ini akan bunyi dan akan mengirim peringatan melalui telegram dan bunyi sirine, tinggi air 3 meter sudah berpotensi banjir karena aliran air sudah tidak normal.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!