Terkonfirmasi Virus Corona di Sumenep Capai 212 Pasien

oleh -60 Dilihat
oleh

Sumenep (XNews.id) – Warga Sumenep terkonfirmasi Virus Corona atau Covid-19 terus bertambah, buktinya per Rabu (29/07/2020), kasus Covid-19 berjumlah 212 kasus, atau bertambah satu kasus dari data sebelumnya yang hanya 211.

Penambahan kasus terkonfirmasi Covid-19 itu merupakan pasien suspek. Pasien nomor 212 ini berumur 51 tahun, warga Kecamatan Kota Sumenep, merupakan pasien suspek di RSI PT. Garam Kalianget.

“Setelah dilakukan pemeriksaan swab di Labkesda Kabupaten Sumenep, hasilnya dinyatakan positif atau terkonfirmasi Covid-19. Saat ini pasien nomor 212 dilakukan perawatan intensif di RSI PT. Garam Kalianget,” kata Humas Satgas Penanganan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Sumenep, Ferdiansyah Tetrajaya.

Sebelumnya, Ferdiansyah mengungkap naiknya kasus terkonfirmasi virus Covid-19 merupakan akibat kontak erat pasien dengan orang lain.

“Salah satu penyebab bertambahnya kasus positif Covid-19 akibat kontak erat pasien dengan orang lain, karena itu pasien harus melakukan isolasi secara ketat, termasuk upaya tracing terus dilakukan untuk mencegah penularan secara masif virus itu,” jelasnya.

Untuk itulah demi mencegah masyarakat tidak tertular harus mengubah kebiasaan-kebiasaan lama dengan yang baru supaya aman dari Covid-19, apalagi proses penularannya masih terjadi di daerah.

“Kita harus meningkatkan kedisiplinan dalam mematuhi protokol kesehatan dengan cara menggunakan masker, menjaga jarak minimal satu setengah meter, dan rajin mencuci tangan memakai sabun dengan air mengalir, karena kita menjadi subyek sekaligus menjadi obyek terhadap perilaku menuju adaptasi kebiasaan yang baru,” jelasnya.

Dia juga berharap, bertambahnya pasien terkonfirmasi Covid-19 hanya satu pasien sebagai pertanda baik bahwa pencegahan penularan virus itu mulai membuahkan hasil, apalagi sudah semakin bertambah kecamatan yang kembali memasuki zona hijau.

“Hingga hari ini sebanyak sembilan kecamatan masuk zona hijau, zona oranye sebanyak lima kecamatan serta tiga belas kecamatan berada pada zona kuning,” tandasnya.