Ditargetkan Rampung Juni 2021, Ini Tahap Pembangunan UIII di Depok Jawa Barat

oleh -178 Dilihat

JAKARTA (XNews.id) – Pemerintah tengah membangun Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) yang berlokasi di Komplek RRI Cimanggis, Kota Depok, Provinsi Jawa Barat, di atas lahan seluas 142,5 hektare.

Pembangunan dilaksanakan dalam 2 tahap, yang pada tahap I dikerjakan oleh Kementerian Agama RI dengan biaya Rp714 miliar. Selanjutnya tahap II dikerjakan oleh Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya dengan lingkup pekerjaannya meliputi pembangunan gedung perpustakaan dan masjid dengan progres 18,21% lebih cepat dari target rencana sebesar 16,18%, dan apartemen mahasiswi dengan progres 30,66% lebih cepat dari target rencana 28,73%.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, untuk pembangunan yang dikerjakan oleh Kementerian PUPR, yakni Masjid Kampus dan Perpustakaan akan terus dilaksanakan untuk dapat selesai sesuai target rencana dalam kontrak.

Pembangunan universitas ini ditandai dengan dikeluarkannya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 57 Tahun 2016 tentang Pendirian UIII pada 29 Juni 2016. Peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunannya dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada Juni 2018 lalu dengan harapan pembangunan kampus UIII agar benar-benar menjadi pusat kajian dan pusat penelitian peradaban Islam.