Pancasila: Madinah Charter of Indonesia (Kontribusi untuk Polemik RUU HIP)

Kontributor: -162 views

Oleh: M. Yazid Mar’I

Perspective historis, Nabi Muhammad SAW berhasil mewujudkan negara modern “Madinatun Munawarah” negeri yang bersinar “madaniyah” dilingkupi perdaban, melalui 47 pasal “Piagam Madinah”, yang dalam bahasa Arab disebut Dustur al-Madinah atau Mithaq al-Madinah, meliputi: Pembukaan, dilanjutkan dengan pasal-pasal yang berbicara tentang pembentukan ummat, persatuan seagama, persatuan warga negara, golongan minoritas, tugas warga negara, perlindungan negara, pimpinan negara, perang dan perdamaian.

Bahkan setelah Nabi wafat, negara rintisan Rasulullah ini dilanjutkan oleh para sahabat yang merupakan kader langsung beliau, negara Madinah menjadi super power karena mampu menaklukan dua super power saat itu, yakni Persia di Timur dan Romawi di Barat.
Konstitusi “piagam Madinah” ini menarik bagi bangsa Indonesia, karena masyarakat Madinah saat itu ternyata sangat majemuk “plural” (agama, suku bangsa, agama, budaya, dan adat istiadat). Seperti halya Indonesia.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!