Setiap Tahun, Tak Kurang 4.500 Hingga 5.000 Perempuan di Blitar Sandang Status Janda Baru

Kontributor: -283 views

Blitar (XNews.id) – Sejak bulan Januari hingga akhir Agustus 2020, di Pengadilan Agama Blitar, menerima ribuan permohonan perceraian. Dari jumalah tersebut 70 persen kasus adalah  istri yang menggugat.

Panitera Muda Hukum Pengadilan Agama Blitar, Nurkolis mengatakan, tahun 2020 mulai Januari hingga Agustus, Pengadilan Agama Blitar sudah menangani sebanyak 3.211 perkara cerai.

“Dari jumlah tersebut, 70 persen di antaranya merupakan cerai gugat yang dilakukan oleh pihak istri,” jelasnya.

Nurkolis menambahkan, faktor yang mendominasi perceraian di antaranya faktor ekonomi yang mempengaruhi keharmonisan dalam rumah tangga sehingga menyebabkan timbulnya perceraian.

Menurutnya, sebagian suami dinilai berpenghasilan kurang, sementara istri sebagian bekerja sebagai TKI di luar negeri, sehingga timbul permasalahan dan menjadi pemicu perceraian.

“Dalam sebulan, rata- rata ada 400 hingga 500 permohonan cerai di Blitar Raya. Dalam satu tahun Pengadilan Agama Blitar rata-rata menangani kisaran 4.500 hingga 5.000 kasus cerai, baik dari Kota maupun Kabupaten Blitar,” ungkapnya.

4.5/5 - (2 votes)

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!

4.5/5 - (2 votes)