Bagi penikmat sastra dan pembaca Majalah Tempo, Goenawan Mohamad Tentu Tidak Asing

Kontributor: -16 views

Oleh: Dhimam Abror Djuraid

wartawan cum sastrawan pendiri Tempo GM, begitu Goenawan sering disebut, mendirikan Tempo pada 1971 bersama beberapa rekannya seperti Fikri Jufri dan Syu’bah Asa, dan berhasil menjadikan Tempo sebagai salah satu majalah berita paling kredibel sampai saat ini.

Tempo memperkenalkan jurnalisme sastrawi, penulisan berita secara literer seperti karya sastra, dipadukan dengan liputan mendalam (depth news) dan investigatif, menjadikan Tempo sebagi gong bagi semua berita yang beredar selama seminggu.

Tempo konsisten dengan jurnalisme naratif yang “Enak Dibaca dan Perlu” seperti mottonya. Tempo istiqamah dengan misinya sebagai social control untuk mengritik dan mengawasi kekuasan supaya tidak terjadi abuse of power, penyelewengan kekuasaan.

Salah satu rubrikasi Tempo yang menjadi kekuatan khas dan paling digemari pembaca adalah “Catatan Pinggir” alias Caping yang ditulis GM.

Caping merupakan kolom rutin yang ditulis GM setiap minggu tanpa putus selama hampir 50 tahun. Caping adalah master piece, adikarya GM yang sampai sekarang belum ada banding dan tandingnya.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!