Lantik Korwilcam dan Dewan Pengawas Diknas, Langsung Oleh Bupati Malang

oleh -116 Dilihat

Malang, (XNews.id)  – Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, M.M memimpin prosesi Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Fungsional, Pengukuhan Koordinator Wilayah Dinas Pendidikan Kecamatan (Korwilcam), Dewan Pengawas Dinas Pendidikan Kabupaten Malang dan Pergantian Antar Waktu (PAW) Pengurus KORPRI di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Jumat (11/9) pagi. Abah Sanusi, sapaan akrab Bupati menyampaikan, ucapan selamat kepada para pejabat yang telah dilantik dalam Jabatan Fungsional dan kepada yang dikukuhkan. Beliau berharap, jabatan tersebut mampu secara amanah yang diberikan ini dapat menumbuhkan semangat baru untuk bekerja dan berkarya lebih baik lagi.

Bupati berpesan, di era globalisasi serta digitalisasi teknologi informasi dan komunikasi, menuntut peningkatan profesionalisme SDM di segala bidang, termasuk di dalamnya Aparatur Sipil Negara/Pegawai Negeri Sipil. Maka sejalan dengan hal tersebut, kata beliau, serta dalam rangka pengembangan kualitas organisasi kepemerintahan yang semakin efektif dan efisien, pemerintah terus melakukan pengembangan berbagai jabatan fungsional, sedangkan jabatan-jabatan struktural cenderung dikurangi/dibatasi, dan hanya pada aspek-aspek yang bersifat penting atau strategis saja yang dipertahankan. Ada beberapa pertimbangan dilakukannya pengembangan jabatan fungsional, antara lain dalam rangka pengembangan organisasi pemerintah yang “ramping struktur kaya fungsi”, mengoptimalkan peningkatan kinerja dan profesionalisasi kelembagaan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi organisasinya; dan lebih menjamin obyektivitas dalam mempertimbangkan pengangkatan dan kenaikan pangkat dalam jabatan, karena jabatan fungsional didasarkan pada keahlian dan keterampilan tertentu, bersifat mandiri, profesional, serta melalui uji kompetensi pada setiap jenjang jabatannya.

”Untuk itu, saya berharap dengan pelantikan dan pengambilan sumpah/janji pada hari ini dijadikan sebagai momentum untuk meneguhkan niat dan tekad untuk menjadi teladan, baik dalam menjalankan tugas maupun sebagai anggota masyarakat, yang tercermin dalam setiap pelaksanaan tugas kerja sehari-hari dengan mengembangkan disiplin, profesionalisme, prestasi kerja serta perilaku kerja sama yang saling menghargai. Harus terus berupaya meningkatkan kapasitas, kompetensi, dan profesionalisme, serta harus cerdas dalam berpikir, cepat dalam bertindak, dan tuntas dalam bekerja. Jadilah inovator-inovator yang cerdas dan kreatif, bagi peningkatan kualitas pelayanan publik di Kabupaten Malang,” jelas Bupati.