Pemkab Blitar Awasi Netralitas Aparatur Sipil Negara Dalam Pilkada Serentak 2020

Kontributor: -6 views

Blitar (XNews.id) – Pemerintah Kabupaten Blitar akan memberikan sanksi tegas bagi aparatur sipil negara (ASN) yang berbuat tidak netral dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2020. Pemberian sanksi berdasarkan pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 tahun 2010.

Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Blitar, Totok Subihandono mengatakan sejauh ini Pemerintah daerah sudah melakukan sejumlah langkah strategis dalam mengawasi ASN menjelang Pilkada.

“Pemkab berkolaborasi dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi, Kabupaten untuk memberikan sosialisasi dan membuat surat edaran tertulis kepada ASN tentang netralitas itu,” ujarnya.

Sehingga, menurut Totok, seluruh ASN diwajibkan menjaga perilaku dan dilarang ikut serta dalam panggung politik. Jika ketahuan dan terbukti melanggar maka ASN akan dijatuhi hukuman disiplin ringan hingga berat.

“Kita juga meminta setiap Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Blitar ikut berpartisipasi dalam mengawasi jajaranya jelang Pemilihan Kepala Daerah serentak pada 9 Desember mendatang,” tandasnya.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!